Pengalaman Pembelajaran Multikultural Siswa Madrasah Aliyah (MA).

Purnamasari, Dyah Emarikhatul and Setiawan, Caly (2019) Pengalaman Pembelajaran Multikultural Siswa Madrasah Aliyah (MA). S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengalaman siswa setelah mendapatkan pembelajaran sosiologi materi Perbedaan, Kesetaraan dan Harmoni Sosial dalam Masyarakat Multikultural dan (2) makna masyarakat multikultural yang dibangun partisipan setelah mendapatkan pembelajaran sosiologi materi Perbedaan, Kesetaraan dan Harmoni Sosial dalam Masyarakat Multikultural. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Al Amin. Waktu yang digunakan untuk penelitian selama tiga bulan yaitu dimulai dari bulan Januari hingga bulan maret 2018. Partisipan dalam penelitian ini adalah 25 partisipan, terdiri dari 15 siswa dan 10 siswi. Keabsahan data menggunakan credibility, dependenbility, transferability dan confirmability. Analisis data menggunakan horizonalisasi, deskripsi tekstural, deskripsi struktural serta penarikan esensi makna dari fenomena yang dikaji. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) pengalaman yang didapatkan partisipan setelah mendapatkan pembelajaran sosiologi materi Perbedaan, Kesetaraan dan Harmoni Sosial dalam Masyarakat Multikultural yaitu siswa dapat: a) memahami materi masyarakat multikultural, b) semakin tertarik dengan masyarakat multikultural, c) memiliki pengalaman dengan masyarakat multikultural, dan d) memahami manfaat belajar masyarakat multikultural. 2) Makna masyarakat multikultural yang dibangun partisipan setelah mendapatkan pembelajaran sosiologi materi Perbedaan, Kesetaraan dan Harmoni Sosial dalam Masyarakat Multikultural yaitu partisipan dapat: a) memaknai multikultural itu sebagai sebuah aset, memaknai multikultural itu sebagai suatu anugerah, dan memaknai multikultural itu sebagai suatu keberagaman masyarakat.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengalaman, Pembelajaran Sosiologi, Multikultural, Peserta Didik, Madrasah Aliyah (MA).
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Oct 2019 07:59
Last Modified: 15 Oct 2019 07:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66162

Actions (login required)

View Item View Item