Expertise Reversal Effect dalam Pembelajaran Matematika Kolaboratif ditinjau dari Kemampuan Prosedural, Reasoning, dan Cognitive Load

WIdyastuti, Baiq Weny and Retnowati, Endah (2019) Expertise Reversal Effect dalam Pembelajaran Matematika Kolaboratif ditinjau dari Kemampuan Prosedural, Reasoning, dan Cognitive Load. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) efektivitas pembelajaran dengan strategi problem solving dibandingkan strategi worked example ditinjau dari kemampuan prosedural, reasoning, dan cognitive load; (2) menguji dampak tingkat kemampuan awal terhadap efektivitas strategi pembelajaran ditinjau dari kemampuan prosedural, reasoning, dan cognitive load; (3) interaksi antara strategi pembelajaran (problem solving atau worked example) dan tingkat kemampuan awal (expert atau novice) ditinjau dari kemampuan prosedural, reasoning, dan cognitive load. Eksperimen ini dilaksanakan menggunakan 2 (kemampuan awal: expert vs. novice) x 2 (strategi pembelajaran: problem solving vs. worked example) factorial design; posttest only design. Penelitian ini melalui tiga fase yaitu fase pengantar, fase belajar, dan fase tes. Data kemampuan prosedural dan reasoning diperoleh melalui instrumen tes uraian, sedangkan data cognitive load diperoleh dari skala likert 1-9. Keseluruhan sampel dalam penelitian ini berjumlah 118 siswa kelas VII dan kelas VIII di sebuah SMP Negeri di Yogyakarta. Sampel siswa expert diwakili oleh kelas VIII dan sampel siswa novice diwakili oleh kelas VII. Teknik analisis data yang digunakan adalah Univariate Analysis of Variance (ANOVA) untuk menguji main effect dari tiap vaiabel dependen dan interaction effect dari kedua variabel independen dengan taraf signfikansi 0,05. Hasil analisis menyimpulkan terjadinya expertise reversal effect pada kemampuan prosedural, reasoning, dan cognitive load siswa. Hal ini menandakan tingkat kemampuan awal siswa mempengaruhi keefektivan strategi pembelajaran yang diterapkan ditinjau dari kemampuan prosedural, reasoning, dan cognitive load. Ditemukan interaction effect yang signifikan antara faktor tingkat kemampuan awal dan strategi pembelajaran ditinjau dari kemampuan prosedural, reasoning, dan cognitive load dengan kategori strong effect. Hasil menunjukkan bahwa interaksi signifikan terdapat pada strategi problem solving pada siswa expert dan strategi worked example pada siswa novice. Kata kunci: expertise reversal effect, expert, cognitive load, pembelajaran kolaboratif, matematika

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Oct 2019 06:53
Last Modified: 15 Oct 2019 06:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66150

Actions (login required)

View Item View Item