Pengembangan Buku Saku Bilingual Sebagai media pembelajaran bagi Pedagang di Desa Wisata Pasar Kaki Langit

Yunita, Wiwin and Suryono, Yoyon (2019) Pengembangan Buku Saku Bilingual Sebagai media pembelajaran bagi Pedagang di Desa Wisata Pasar Kaki Langit. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (747kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan: (1) menyusun desain buku saku bilingual untuk pedagang di Desa Wisata Pasar kaki Langit ,(2) mengungkapkan kelayakan buku saku bilingual, dan (3) mengungkapkan efektivitas buku saku bilingual. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang mencakup tahapan Analysis, Design, Development and Implementation, Evaluation. Pengumpulan data mengunakan lembar validasi ahli, angket respon pedagang, wawancara, soal tes dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah pedagang yang berjumlah 12 orang. Uji coba pada penelitian ini dilakukan sebanyak dua kali yaitu uji coba kelas kecil dan uji coba lapangan. Tahapan uji coba dilaksanakan di Jalan Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Analisis data kevalidan dilakukan dengan cara mengkonversikan data kuantitatif berbentuk skor hasil penilaian menjadi kualitatif berbentuk nilai standar skala lima. Analisis data efektifan dilakukan dengan cara menentukan nilai gain score dan uji statistik nonparametirik Wilcoxon. Hasil penelitian ini adalah (1) Tersusunnya buku saku bilingual berukuran 4,13 x 5,83 inci (A6) berbentuk portrait yang berisi materi bahasa Inggris serta terjemahan bahasa Indonesia dengan mencakup materi alphabet, kosa kata, mata uang, menu makanan, kata ganti orang, kata tanya, greeting, offering, thanking, dan conversation disesuaikn dengan kebutuhan, (2) Buku saku bilingual telah dinyatakan layak berdasarkan hasil penilaian dari ahli materi yang mencapai skor 84 masuk pada kategori “sangat baik” dan penilaian dari ahli bahan ajar mencapai skor 69 masuk pada katgori “sangat baik”, (3) Buku saku bilingual mendapatkan respon positif dari pedagang yang memperoleh penilaian dengan kategori sangat Baik dan dinyatakan efektif dilihat dari perolehan nilai gain score dengan rata-rata skor mencapai 0,78 masuk pada kategori “tinggi”, perhitungan uji Wilcoxon peroleh nilai rata-rata atau main ranks sebesar 6,50 dan diketahui nilai Sig. (2tailed) yaitu 0,002 artinya lebih kecil dari <0,05, maka disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan bahasa Inggris dari sebelum dan sesudah pembelajaran dilakukan menggunakan buku saku bilingual. Kata Kunci: Bahasa Inggris, buku saku bilingual, pendidikan orang dewasa

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Oct 2019 00:57
Last Modified: 15 Oct 2019 00:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66139

Actions (login required)

View Item View Item