Evaluasi Program Kesiapsiagaan Keluarga Dalam Menghadapi Bencana Yang Diselenggarakan Oleh Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Yogyakarta

Icmi, Ajeng Apriliana Nur and Suryono, Yoyon (2019) Evaluasi Program Kesiapsiagaan Keluarga Dalam Menghadapi Bencana Yang Diselenggarakan Oleh Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (984kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji: (1) Dampak jangka panjang ,(2) Outcome, (3) Output, (4) Proses, (5) Input program kesiapsiagaan keluarga dalam menghadapi bencana oleh Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang merujuk model Logical Framework dengan jenis penelitian kualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Dampak jangka panjang program kesiapsiagaan keluarga dalam menghadapi bencana telah berhasil dicapai, peserta memiliki rasa tanggung jawab dalam menjaga lingkungan dari bencana serta memiliki tanggung jawab untuk memberikan pemahaman tentang bencana kepada lingkungan terdekat khususnya keluarga. (2) Outcome program yang telah dicapai sesuai dengan kebutuhan peserta untuk menghadapi bencana. Peserta program mampu menggunakan ilmu yang didapat setelah program untuk membuat rencana kesiapsiagaan di lingkungan keluarga. Outcome yang tercapai disebabkan oleh output program yang baik dan sesuai dengan kebutuhan peserta dalam menghadapi bencana. (3) Output yang diharapkan berhasil dicapai oleh MDMC. Materi, metode dan media yang baik menjadikan peserta mudah memahami pembelajaran yang disampaikan fasilitator. (4) Jadwal pelaksanaan program diatur oleh penyelenggara program. Total pertemuan selama tiga hari dengan porsi satu hari materi dan dua hari praktik. Materi program disesuaikan dengan kebutuhan peserta program. Pada akhir program diadakan evaluasi berupa simulasi bencana, dan dilanjutkan program pendampingan oleh MDMC. Hal tersebut dapat dilihat bahwa proses yang berhasil dicapai oleh MDMC merupakan akibat dari input yang baik. (5) Penyelenggara program layak melaksanakan pogram karena memiliki fasilitator yang berkompeten di bidang kebencanaan, serta memiliki sarana dan prasarana menunjang keterlaksanaan program. Kata kunci : evaluasi program, kesiapsiagaan keluarga.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Oct 2019 00:42
Last Modified: 15 Oct 2019 00:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66136

Actions (login required)

View Item View Item