Model Pembelajaran Kebencanaan Berbasis SETS Dalam Mitigasi Adaptasi Dan Responsibility Siswa Sekolah Dasar.

Atmojo, Setyo Eko and Rusilowati, Ani (2019) Model Pembelajaran Kebencanaan Berbasis SETS Dalam Mitigasi Adaptasi Dan Responsibility Siswa Sekolah Dasar. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan karakteristik model pembelajaran kebencanaan berbasis SETS hasil pengembangan, (2) menguji kevalidan model pembelajaran kebencanaan berbasis SETS hasil pengembangan, (3)menguji keefektifan model pembelajaran kebencanaan berbasis SETS hasil pengembangan, (4) menguji kepraktisan model pembelajaran kebencanaan berbasis SETS hasil pengembangan dan (5) menguji kecocokan model pembelajaran kebencanaan berbasis SETS hasil pengembangan terhadap mitigasi, adaptasi dan responsibility siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan research and development yang mengikuti prosedur pengembangan Borg & Gall. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas V Sekolah Dasar rawan bencana gempa bumi di Kabupaten Bantul DIY. Implementasi model dilaksanakan sebanyak enam kali pembelajaran pada setiap sekolah. Data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data yang dikumpulkan, antar lain: data survei analisis kebutuhan dengan angket, wawancara, dan observasi; data validitas model pembelajaran dengan skala; data keterlaksanaan model pembelajaran dengan lembar observasi; dan data keefektifan model pembelajaran dengan lembar observasi, angket, dan tes penguasaan konsep materi kebencanaan. Data dianalisis secara deskriptif dan independent sample t-test. Temuan penelitian adalah sebagai berikut: (1) menghasilkan produk berupa model pembelajaran kebencanaan berbasis SETS dengan karakteristik memiliki unsur utama yang terdiri atas: sintaks, sistem sosial, prinsip reaksi,sistem pendukung, dampak instruksional, dan dampak pengiring. Model pembelajaran yang dihasilkan telah memenuhi spesifikasi model pembelajaran yaitu melengkapi produk yang sudah ada dengan berfokus pada pengintegrasian kebencanaan secara tematik, berkontribusi dalam mitigasi, adaptasi dan responsibility siswa sekolah dasar, memiliki tingkat integrasi lebih luas, memiliki tingkat aplikatif tinggi, dan memiliki kajian yang mendalam serta memberikan informasi detail dan lengkap. Model pembelajaran kebencanaan berbasis SETS terdiri atas enam tahap kegiatan. Tahap organisasi dan orientasi, tahap pembentukan konsep, tahap aplikasi dan pementapan konsep, tahap mengadaptasikan konsep, tahap merencanakan dan membuat keputusan, tahap evaluasi berbasis SETS. (2) Model pembelajaran kebencanaan berbasis SETS layak untuk digunakan berdasarkan penilaian ahli. Skor rata-rata validasi model adalah 102,5 atau 85 % (sangat valid). (3) Model pembelajaran kebencanaan berbasis SETS efektif ditandai dengan lebih dari 80% siswa telah mampu melakukan aktivitas mitigasi, adaptasi dan responsibiity selama pembelajaran, skor rata rata pengusaaan konsep materi kebencanaan lebih dari 70 % dan kemampuan pengasaaan konsep materi kebencanaan (mitgasi, adaptasi dan responsibility) siswa dalam kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kebencanaan berbasis SETS (MPKBSETS) lebih baik dibandingkan dengan kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional ii (MPK). (4) Model pembelajaran kebencanaan dinyatakan praktis ditandai dengan lebih dari 80 % siswa memberikan respons positif dan nilai rata-rata tingkat keterlaksanaan pembelajaran sebesar 96,66 pada kategori tinggi. (5) KecocokanModel Pembelajaran Kebencanaan Berbasis SETS (MPKBSETS) yang diuji diperoleh beberapa kesimpulan yaitu analisis faktor konfirmatori pengukur variabel laten eksogen bernilai 6,151 yang berada pada kategori baik sehingga modelnya diterima, sedangkan CFA indikator pengukur variabel laten endogen berniali 182,107 pada kategori kurang baik sehingga dilakukan modifikasi indeks agar model menjadi fit. Uji model struktural diperoleh nilai 253,536 pada krieria fit dengan empat aspek berkategori baik dan dua aspek kurang baik (GFI dan AGFI), sehingga dapat disimpulkan bahwa model diterima berdasarkan pengujian model secara keseluruhan, analisis faktor konfirmatori dan analisis model struktural. Oleh sebab itu, model ini cocok dan dapat digunakan sebagai acuan model pembelajaran kebencanaan gempa bumi di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, Kebencanaan, SETS, Mitigasi, Adaptasi, Responsibility
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Oct 2019 03:27
Last Modified: 28 May 2021 05:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66124

Actions (login required)

View Item View Item