Pengembangan Buku Ajar “SOBAT” berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Keterlibatan Anak Tunagrahita dalam Pembelajaran di Sekolah Inklusi

Dharma, Dwitya Sobat Ady and Hermanto, Hermanto (2019) Pengembangan Buku Ajar “SOBAT” berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Keterlibatan Anak Tunagrahita dalam Pembelajaran di Sekolah Inklusi. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar berbasis kontekstual yang layak dalam rangka meningkatkan keterlibatan ATG di sekolah inklusi dan mengetahui keefektifan buku ajar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan model Borg & Gall yang mencakup 9 langkah kegiatan. Subjek penelitian uji coba yakni 17 ATG ringan di sekolah inklusi. Kelayakan produk buku ajar divalidasi oleh 2 orang ahli materi dan 3 orang ahli media. Uji efektivitas dilakukan dengan membandingkan skor post-test dan pre-test subjek setelah menggunakan buku ajar. Pengumpulan data yang digunakan yaitu tes kemampuan membaca pemahaman, wawancara, dan lembar observasi yang dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) dihasilkan produk buku ajar “SOBAT” berbasis kontekstual yang layak digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterlibatan kognitif, afektif, dan psikomotor. Bentuk keterlibatan kognitif berupa peningkatan kemampuan membaca pemahaman, keterlibatan afetif dan psikomotor berupa reaksi emosi dan perilaku positif. Buku ajar berisi materi menangkap arti kata dan ungkapan yang digunakan, menangkap makna tersurat dan makna tersirat, serta membuat kesimpulan yang disajikan dengan tahapan REACT (relating, experiencing, applying, cooperating, transfering). Rerata skor yang diperoleh dari ahli materi sebesar 4, 23 (Sangat Baik) dan ahli media sebesar 3,88 (Baik). (2) Keefektifan buku ajar berdasarkan analisis skor pre-test (47,76%) dan post-test (56,76%). Rata-rata peningkatan sebesar 22,41% dengan persentase ketuntasan sebesar 82,35 %. Kata kunci: buku ajar, pendekatan kontekstual, keterlibatan, tunagrahita.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Oct 2019 02:59
Last Modified: 14 Oct 2019 02:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66122

Actions (login required)

View Item View Item