Rahayu, Rr. Riskiani Yustika (2019) Keefektifan Penerapan Pembelajaran Kimia Berbasis Analogi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
COVER.pdf Download (596kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (412kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (481kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (622kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN .pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui perbedaan keterampilan berpikir tingkat tinggi antara siswa yang menerapkan pembelajaran kimia berbasis analogi dengan siswa yang tidak menerapkan pembelajaran kimia berbasis analogi. (2) mengetahui keefektifan pembelajaran kimia berbasis analogi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi, (3) mengetahui ranah kognitif yang paling sulit dan paling mudah dijawab oleh siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain non equivalent control group dan posttest only design. Populasi penelitian yang digunakan adalah siswa kelas XI SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta yang setara dengan SMA Negeri 1 Seyegan Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen yang terdiri dari 32 siswa dan kelas kontrol yang terdiri dari 34 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Kelas eksperimen menerapkan sistem pembelajaran berbasis analogi, sedangkan kelas kontrol menerapkan sistem pembelajaran kimia tanpa analogi. Instrument yang digunakan untuk pengumpulan data adalah soal tes berbentuk uraian untuk keperluan analisis keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent sample t-test, effect size, dan model RASCH satu parameter logistic. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Siswa di kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai keterampilan berpikir tingkat tinggi yang lebih tinggi (�̅ =70,86) jika dibandingkan dengan siswa di kelas kontrol (�̅ = 57,42 ), (2) Pembelajaran kimia berbasis analogi memiliki keefektifan yang tinggi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan nilai effect size 1,54922, (3) Di kelas eksperimen ranah kognitif mengevaluasi (C5) adalah ranah kognitif yang paling sulit dijawab, sedangkan ranah kognitif menganalisis (C4) adalah ranah kognitif yang paling mudah dijawab. Di kelas kontrol ranah kognitif mencipta (C6) adalah ranah kognitif yang paling sulit dijawab, sedangkan ranah kognitif menganalisis (C4) adalah ranah kognitif yang paling mudah dijawab. Kata Kunci: analogi, keterampilan berpikir tingkat analogi, kesetimbangan kimia
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia Pasca Sarjana |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 14 Oct 2019 02:31 |
Last Modified: | 14 Oct 2019 02:31 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66118 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |