PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK N 3 YOGYAKARTA

Wicaksono, Bagas Suryo (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK N 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 BAB 1.pdf

Download (821kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 BAB 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 BAB 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 BAB 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 BAB 5.pdf

Download (714kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 LAMPIRAN.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis android dalam mata pelajaran dasar listrik dan elektronika pada sekolah menengah kejuruan. (2) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Android dalam mata pelajaran dasar listrik dan elektronika pada sekolah menengah kejuruan Penelitian yang digunakan penulis merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan produk mengadaptasi model pengembangan Linear Sequential model atau biasa disebut Modified Waterfall model. Modified Waterfall model terdiri dari : (1) Requirements (2) Perancangan meddia (Design), (3) Pembuatan program / implementasi (code), (4) pengujian (test). (5) Maintenance Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan angket. Tahap pengujian kelayakan dilakukan oleh 2 ahli media dan 2 ahli materi. Pengujian aplikasi media pembelajaran interaktif dilakukan pada kelas X TITL SMK N 3 Yogyakarta yang melibatkan 36 siswa Kompetensi keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data diskriptif. Hasil penelitian ini adalah : (1) Menghasilkan media pembelajaran interaktid berbasis android dalam mata pelajaran dasar listrik dan elektronika yang terdiri dari sepuluh komponen utama, yaitu kompetensi, apersepsi, materi, simulasi, pengayaan, evaluasi, petunjuk penggunaan, pustaka, dan credit. (2) Hasil penilaian kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis android oleh ahli media mendapatkan rerata skor 82.5 dari skor maksimal sebesar 105 dengan kategori “Layak”. Hasil penilaian oleh ahli materi mendapatkan rerata skor 73.5 dari skor maksimal 95 dengan kategori “Layak”. Hasil penilaian pengguna (siswa) mendapatkan rerata skor 89.89 dari skor maksimal 115 dengan kategori “Layak”

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran interaktif, Android, Dasar Listrik dan elektronika
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 09 Oct 2019 06:34
Last Modified: 09 Oct 2019 06:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66094

Actions (login required)

View Item View Item