Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kinestetik untuk Menstimulasi Motorik Kasar Siswa Kelas Bawah

Rizqi, Akhma Fitratur and Sutapa, Panggung (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kinestetik untuk Menstimulasi Motorik Kasar Siswa Kelas Bawah. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan sebuah model pembelajaran berbasis kinestetik yang layak digunakan untuk menstimulasi motorik kasar siswa kelas bawah; dan (2) menguji keefektifan dari model pembelajaran berbasis kinestetik dalam menstimulasi motorik kasar siswa kelas bawah. Penelitian ini merupakan jenis research and development yang mengacu pada 8 langkah model penelitian pengembangan Borg and Gall. Uji kelayakan produk dilakukan oleh 2 validator yaitu ahli materi dan ahli media pembelajaran. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas bawah di Sekolah Dasar, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Subjek uji coba kelompok kecil melibatkan 10 siswa, uji coba kelompok besar melibatkan 25 siswa dan uji coba lapangan operasional melibatkan 50 siswa yang berbeda dari uji coba yang dilakukan sebelumnya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan angket. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa pedoman wawancara studi pendahuluan, angket validasi ahli, angket respon guru dan pedoman observasi kemampuan motorik kasar. Kelayakan dari model pembelajaran berbasis kinestetik dianalisis dengan mengkonversikan skor ke dalam 4 kategori kuantitatif. Keefektifan model pembelajaran berbasis kinestetik ini dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial dengan melakukan Uji Kruskal Wallis dengan taraf signifikansi 0,05. Penelitian pengembangan ini memperoleh hasil berupa (1) model pembelajaran berbasis kinestetik yang layak digunakan berdasarkan kriteria kelayakan oleh ahli materi, ahli media pembelajaran dan respon guru dengan kategori sangat baik; (2) model pembelajaran berbasis kinestetik yang efektif digunakan untuk menstimulasi motorik kasar siswa kelas bawah. Hasil uji statistik Kruskal Wallis (taraf sig. <0,05) memperoleh nilai sig. 0,00 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peringkat rerata pada model pembelajaran berbasis kinestetik sehingga dapat menstimulasi motorik kasar dan memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan motorik kasar siswa kelas bawah secara signifikan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, berbasis kinestetik, stimulasi motorik kasar.
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Oct 2019 04:48
Last Modified: 01 Oct 2019 04:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66042

Actions (login required)

View Item View Item