Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Tema untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca, Belajar, dan Kemandirian Belajar Mahasiswa.

Jamilah, Jamilah and Madya, Suwarsih (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Tema untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca, Belajar, dan Kemandirian Belajar Mahasiswa. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Bahasa Inggris berbasis tema untuk mata kuliah Bahasa Inggris MKU di UNY. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang dilakukan dengan tahapan: 1) studi pendahuluan yang mencakup analisis lingkungan dan kebutuhan; 2) disain model pembelajaran beserta perangkatnya; 3) pengembangan produk dan validasi produk oleh teman sejawat dan pakar, serta uji coba produk. Uji coba produk dilakukan dengan model penelitian tindakan kelas dalam dua tahap. Tahap pertama dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Seni Musik pada semester gasal 2017/2018, dan tahap ke dua dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman pada semester berikutnya. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, studi dokumen, penyebaran kuesioner dan test hasil belajar. Data kuantitatif dari kuesioner dianalisis secara deskriptif dan dikonversi dengan tabel konversi untuk menemukan kategori kualitas produk. Skor tes hasil belajar dianalisis dengan statistik deskriptif dan uji t, sedangkan data kualitatif dianalisis secara interaktif. Hasil penelitian berupa model pembelajaran Bahasa Inggris MKU berbasis tema yang berfokus pada pengembangan study skills dan keterampilan membaca. Model pembelajaran ini terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca, keterampilan belajar, dan kemandirian belajar mahasiswa, serta mendapatkan respon positif baik dari dosen maupun mahasiswa. Model pembelajaran ini dapat diterapkan pada semua program studi di UNY atau universitas lain di Indonesia dengan karakteristik sejenis dengan penyesuaian.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Inggris, belajar, kemandirian, membaca, model, tema
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Pendidikan Bahasa
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Oct 2019 02:57
Last Modified: 31 May 2021 06:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66038

Actions (login required)

View Item View Item