Model Permainan untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Bagi Siswa Taman Kanak-kanak

Astikasari, Icha Bimawati and Rachman, Hari Amirullah (2019) Model Permainan untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Bagi Siswa Taman Kanak-kanak. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (958kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN .pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model permainan untuk mengembangkan motorik kasar dan motorik halus secara bersama-sama bagi siswa TK (Taman Kanak-kanak) yang telah disesuaikan dengan kurikulum serta karakteristik siswa TK. Penelitian ini sesuai langkah-langkah penelitian pengembangan dari Sugiyono: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi, (6) uji coba produk, (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap 15 anak dari TK ABA Gari I. Ujicoba skala besar dilakukan pada 15 anak dari TK Gari III dan 13 anak dari TK ABA Teguhan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pedoman pengamatan (observasi), wawancara, catatan lapangan, lembar evaluasi, angket skala nilai validasi dan rubrik penilaian. Hasil penelitian ini menghasilkan lima macam model permainan yakni: (1) permainan biji-bijian, (2) permainan pesawat terbang, (3) permainan zigzag hewan, (4) permainan rangkai sedotan dan (5) permainan gelas merangkak. Model permainan disusun dalam bentuk buku pedoman berjudul Model Permainan untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik bagi Siswa Taman Kanak-kanak. Berdasarkan penilaian para ahli materi dan guru dapat disimpulkan bahwa model permainan untuk mengembangkan kemampuan motorik siswa TK sesuai dengan kurikulum dan karakteristik siswa TK. Selain itu, model permainan ini dapat mengembangkan kemampuan motorik siswa sehingga layak digunakan dalam pembelajaran TK. Kata kunci : model permainan, motorik kasar, motorik halus, TK

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Olahraga
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Sep 2019 03:08
Last Modified: 24 Sep 2019 03:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65982

Actions (login required)

View Item View Item