PENGEMBANGAN MODUL ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI GEDUNG PADA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI DI SMK NEGERI 1 SEDAYU

Aulia, Kartika Nur (2019) PENGEMBANGAN MODUL ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI GEDUNG PADA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI DI SMK NEGERI 1 SEDAYU. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II TERBARU NEW.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III TERSELAMATKAN NEW.pdf

Download (705kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV AKUH.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pengembangan Modul Estimasi Biaya Konstruksi Gedung pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi (EBK) di SMK Negeri 1 Sedayu. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menghasilkan Modul Estimasi Biaya Konstruksi Gedung pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi Kelas XI DPIB di SMK Negeri 1 Sedayu; (2) Mengetahui kelayakan Ahli Materi (dosen dan guru) dalam pengembangan Modul Estimasi Biaya Konstruksi Gedung pada mata pelajaran EBK Kelas XI DPIB di SMK Negeri 1 Sedayu; (3) Mengetahui kelayakan Ahli Media (dosen) dalam pengembangan Modul Estimasi Biaya Konstruksi Gedung pada mata pelajaran EBK Kelas XI DPIB di SMK Negeri 1 Sedayu. (4) Mengetahui kelayakan Pengguna dalam pengembangan Modul Estimasi Biaya Konstruksi Gedung pada mata pelajaran EBK Kelas XI DPIB di SMK Negeri 1 Sedayu. Penelitian ini menggunakan metode 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan dan Semmels (1974). Terdapat empat tahapan dalam metode 4D, antara lain yaitu: (1) Tahap pendefinisian (define), merumuskan tujuan modul; (2) Tahap perencanaan (design), menujukan perkembangan modul dengan tersusunnya modul dalam bentuk sistematis yaitu buku; (3) Tahapan pengembangan (develop), tahap pengembangan merupakan pengujian oleh expert appraisal dan development testing. Expert appraisal yaitu ahli materi di validasi oleh Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY serta oleh guru SMK Negeri 1 Sedayu. Validator ahli media adalah Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY. Development testing berupa uji pengguna dilaksanakan dengan melibatkan 32 peserta didik dari Kelas XI SMK Negeri 1 Sedayu; (4) Tahap penyebaran (disseminate), menyebarkan hasil pengembangan penelitian. Hasil penelitian menujukan bahwa: (1) Validasi ahli materi menyatakan kelayakan sebesar 94,73 %. Dengan demikian Modul Estimasi Biaya Konstruksi Gedung dikategorikan “Sangat Layak” untuk digunakan sebagai bahan ajar; (2) Ahli media menyatakan kelayakan sebesar 94,89%. Dengan demikian Modul Estimasi Biaya Konstruksi Gedung dikategorikan “Sangat Layak” untuk digunakan sebagai bahan ajar; (3) Uji pengembangan oleh pengguna menyatakan kelayakan sebesar 91,42 Dengan demikian Modul Estimasi Biaya Konstruksi Gedung dikategorikan “Sangat Layak” untuk digunakan sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, modul, 4D dan estimasi biaya konstruksi
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 Sep 2019 01:24
Last Modified: 24 Sep 2019 01:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65978

Actions (login required)

View Item View Item