PEMBUATAN ENGINE CONTROL UNIT PROGRAMMABLE (ECU PROGRAMMABLE) MENGGUNAKAN MIKROKONTROLLER ATMEGA2560

Andriansyah, Deni (2019) PEMBUATAN ENGINE CONTROL UNIT PROGRAMMABLE (ECU PROGRAMMABLE) MENGGUNAKAN MIKROKONTROLLER ATMEGA2560. D3 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ECU (Engine Control Unit) adalah sebuah perangkat elektronik yang berfungsi untuk mengatur operasi dari internal combustion engine pada sistem fuel injection. Proyek akhir ini bertujuan untuk merealisasikan hardware dan mengetahui unjuk kerja ECU Programmable. Alat ini diharapkan dapat membantu para mekanik balap untuk menyesuaikan settingan mesin motor balap khususnya pada mesin injeksi. Dalam pembuatan proyek akhir ini terdiri dari beberapa tahap yaitu, (1) Identifikasi Kebutuhan, (2) Analisis Kebutuhan, (3) Perancangan Perangkat Keras, (4) Peralatan yang digunakan, (5) Pembuatan Alat, dan (6) Pengujian Alat. Perangkat keras terdiri dari rangkaian yaitu power supply, rangkaian analog input, rangkaian pengkondisi sensor CKP, rangkaian proteksi reset, dan rangkaian aktuator.Sebagai pengendali program mikrokontroler Robot Dyn ATmega 2560 menggunakan bahasa C Arduino IDE. Berdasarkan hasil pengujian rangkaian telah di dapatkan bahwa dari rangkaian power suplly, rangkaian pengkondisi sensor CKP, rangkaian pengkondisi sensor TPS, rangkaian pengkondisi sensor MAP, rangkaian driver injector, dan rangkaian driver ignition bekerja dengan baik, dengan menunjukan grafik sinyal yang rapi pada oscilloscope.Hasil ketahanan dari ECU Programmable ini telah uji secara langsung selama 323 hari dengan jarak tempuh 3.615,6 km dan masih dapat bekerja dengan normal.Pengujian selanjutnya dilakukan dengan membandingkan performance mesin antara sistem karburator dengan sistem injeksi yang menggunakan ECU Programmable berbasis ATmega2560, dengan menguji konsumsi bahan bakar dan tenaga mesin.Data hasil perbandingan konsumsi bahan bakar menunjukan bahwa pada sistem injeksi yang menggunakan ECU Programmable lebih efisien di RPM 3000-7000 dibanding dengan sistem karburator.Data hasil perbandingan tenaga mesin menunjukan bahwa pada sistem injeksi yang menggunakan ECU Programmable mengalami kenaikan tenaga sebesar 0.6HP (horse power) dibanding dengan sistem karburator.Puncak tenaga juga terjadi di RPM yang lebih tinggi dibanding dengan sistem karburator pada motor STD Shogun 125RR.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: ECU Programmable berbasis RobotDyn ATmega2560
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 Sep 2019 06:54
Last Modified: 23 Sep 2019 06:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65974

Actions (login required)

View Item View Item