SISTEM REM PADA MOBIL GARUDA URBAN GASOLINE GUNA KOMPETISI SHELL ECO MARATHON ASIA SINGAPURA 2018

Ariyanto, Muhammad Zadin (2019) SISTEM REM PADA MOBIL GARUDA URBAN GASOLINE GUNA KOMPETISI SHELL ECO MARATHON ASIA SINGAPURA 2018. D3 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover s.d. Daftar Lampiran .pdf.pdf

Download (901kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf.pdf

Download (868kB) | Preview

Abstract

Tujuan penyusunan proyek akhir Sistem Rem Pada Mobil Garuda Urban Gasoline Guna Kompetisi Shell Eco Marathon Asia Singapura 2018, yakni mampu melakukan perancangan dan pembuatan sistem pengereman sesuai dengan kebutuhan dan regulasi kompetisi Shell Eco Marathon Asia 2018. Pembuatan sistem rem ini terdiri dari proses perancangan, pembuatan dan pengujian sistem rem pada Mobil Garuda Urban Gasoline 18. Pembuatan sistem rem ini meliputi pemasangan, master silinder, kaliper, return spring, sistem hidrolik, dan hand rem. Pengujian sistem rem digunakan untuk menganalisis adanya kesenjangan dalam proses pembuatan baik dari desain sampai ke hasil akhir yakni pengujian. Setelah dipastikan semua sudah sesuai dan sistem rem dapat bekerja dengan baik maka terakhir dilakukan pengujian yang mengacu pada hasil dari pembuatan sistem rem yang berupa pengujian statis dan pengujian dinamis. Hasil pengujian dari sistem rem yaitu sistem sudah sesuai dengan kebutuhan dan regulasi kompetisi Shell Eco Marathon Asia 2018 hal ini didasarkan pada hasil pengujian pada bidang miring dan pengujian hand rem. Untuk pengujian celah kampas rem didapatkan hasil perbedaan celah kampas rem yang menggunakan return spring dan tidak menggunakan return spring sebesar 5-6 mm. Dari hasil kalkulasi rancangan sistem rem besarnya gaya pengereman yang dibutuhkan sebesar 1120 N dengan torsi pengereman roda depan sebesar 195,91 Nm dan torsi pengereman roda belakang sebesar 97,63 Nm. Untuk pengujian jarak pengereman didapatkan 18 m dari 20 m braking area dan untuk daya gelinding terbaik didapatkan sebesar 310 m.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: Modifikasi Sistem Rem Garuda Urban Gasoline, Sistem Rem, Shell Eco Marathon Asia
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 Sep 2019 02:34
Last Modified: 23 Sep 2019 02:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65963

Actions (login required)

View Item View Item