Pengembangan Model Aktivitas Jasmani Melalui Permainan Sederhana Untuk Meningkatkan Koordinasi Dan Ketepatan Siswa Sekolah Dasar Kelas Bawah

Nugroho, Abdurrakhman Haryo and Suharjana, Suharjana (2019) Pengembangan Model Aktivitas Jasmani Melalui Permainan Sederhana Untuk Meningkatkan Koordinasi Dan Ketepatan Siswa Sekolah Dasar Kelas Bawah. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah pengembangan model aktivitas jasmani berupa buku panduan jenis permainan-permainan untuk meningkatkan unsur gerakan koordinasi dan ketepatan pada siswa, selain itu juga menumbuhkan jiwa semangat dan antusias belajar gerak Penjasorkes. Buku panduan tersebut terdiri dari petunjuk dan rangkaian aktivitas permainan yang telah dikembangkan menurut kategori umur siswa kelas bawah, didalamnya terdapat panduan peraturan permainan dan macam-macam media yang digunakan dalam permainan. Model permainan terdiri dari 7 jenis permainan (1) Permainan seimbangkan bola, (2) permainan lembarung, (3) permainan bowling, (4) permainan kapal pecah, (5) permainan jalan laba-laba, (6) permainan bambu air, (7) permainan bola poin. Permainan sederhana dikonsep dengan menyenangkan sesuai karakter siswa yang senang menghabiskan waktu untuk bermain, hal ini dimaksudkan agar siswa senang dalam proses belajar, secara tidak langsung lebih mudah meningkatkan unsur gerak koordinasi, ketepatan dan antusias siswa dalam belajar. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada langkah-langkah penelitian Borg & Gall dengan melalui tahapan: pengumpulan hasil riset dan informasi, perencanaan, mengembangkan produk awal, uji coba awal, revisi penyusunan produk utama, uji coba lapangan utama, revisi penyusunan produk operasional, uji coba produk operasional, revisi produk final. Subjek uji coba skala kecil dilakukan terhadap 2 guru sekolah dasar, sedangkan subjek uji coba penelitian skala besar dilakukan terhadap 3 guru sekolah dasar, dan subjek uji efektifitas produk sebanyak 25 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan koordinasi dan ketepatan. Penilaian para ahli dan instruktur menggunakan lembar kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan Model Aktivitas Jasmani Melalui Permainan Sederhana Untuk Meningkatkan Koordinasi Dan Ketepatan Siswa Kelas Bawah valid. Hasil validasi ahli materi dan sekaligus ahli media termasuk “sangat baik” rerata skor lebih dari >4,2 , yaitu 4,50. Kualitas produk hasil uji coba skala kecil “layak” dengan rata-rata 4.045. Selanjutnya, uji coba skala besar juga termasuk “sangat baik” dengan rata-rata 4,19. Hasil uji efektifitas produk menunjukkan peningkatan pada hasil uji tes koordinasi (hasil pretest 35,8% dan hasil postest 61,4%). Hasil uji efektifitas produk pada uji tes ketepatan menunjukan (hasil pretest 24,6% dan hasil postest 42,24%) Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengembangan model permainan sederhana layak dan efektif untuk meningkatkan kebugaran jasmani koordinasi gerakan dan ketepatan. Kata Kunci: Permainan sederhana, Koordinasi, Ketepatan

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Olahraga
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Sep 2019 02:51
Last Modified: 23 Sep 2019 02:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65962

Actions (login required)

View Item View Item