PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH CS 6 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS DI SMK NURUL IMAN SEWON BANTUL

Pratama, Oni Saputra (2019) PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH CS 6 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS DI SMK NURUL IMAN SEWON BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
61. Oni Saputra P. 11520249007 B+.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujujan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Buku Digital Interaktif Berbasis Adobe Flash CS 6 Sebagai Media Pembelajaran pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis di SMK Nurul Iman Sewon Bantul. Buku digital mata pelajaran dasar desain grafis ini diharapkan menjadi alternatif sumber belajar bagi siswa dan alat bantu dalam proses pembelajaran pada guru pengampu mata pelajaran dasar desain grafis. Buku digital interaktif dasar desain grafis dikembangkan menggunakan metode Research and Development yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis, desain, development, implementation, dan evaluation. Aplikasi yang pengembang gunakan dalam mengembangkan media pembelajaran ini adalah Adobe Flash CS 6. Kelayakan dari media pembelajaran buku digital interaktif yang dikembangkan dinilai oleh ahli media, ahli materi dan siswa. Penelitian akan dilakukan di SMK Nurul Iman Sewon Bantul dengan bantuan 20 siswa kelas X sebagai responden. Alat yang digunakan mengumpulkan data adalah angket atau kuisioner. Data yang diperoleh akan disesuaikan nilainya berdasrkan skala yang digunakan oleh peneliti yaitu skala likert. Untuk menguji fungsionalitas dari media pembelajaran buku digital interaktif dasar desain grafis, yaitu dengan pengujian alpha testing dan beta testing. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran diimplementasikan dengan menggunakan Adobe Flash CS 6. Hasil pengujian alpha dan beta testing menyatakan bahwa semua fungsi yang disediakan berjalan dengan baik. Hasil perhitungan total skor persentase kelayakan oleh ahli media sebesar 77% dengan kategori layak. Untuk total skor kelayakan oleh ahli materi sebesar 73% dengan kategori layak. Untuk total skor persentase kelayakan dari siswa sebesar 54% dengan kategori cukup layak. Dari hasil pengujian dan perhitungan 3 total skor persentase di atas, media pembelajaran buku digital interaktif mata pelajaran dasar desain grafis yang dikembangkan mendapatkan total skor dari 3 kelompok responden sebesar 68% dengan katogori layak. Sehingga dari skor persentase tersebut buku digital interaktif layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Buku Digital Interaktif, Research and Develpoment, kelayakan, dasar desain grafis.
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 Sep 2019 02:17
Last Modified: 23 Sep 2019 02:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65961

Actions (login required)

View Item View Item