Efektivitas Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Disiplin dan Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas X IPA di SMA Negeri 1 Wanasaba, Lombok Timur.

Muratama, Muhammad Satriadi and Farozin, Moh (2019) Efektivitas Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Disiplin dan Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas X IPA di SMA Negeri 1 Wanasaba, Lombok Timur. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan teknik self-management dalam bimbingan kelompok terhadap peningkatan: (1) disiplin belajar, (2) tanggung jawab belajar, dan (3) disiplin dan tanggung jawab belajar siswa kelas X IPA di SMA Negeri 1 Wanasaba, Lombok Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen melalui design non-equivalent control group. Populasi penelitian adalah 130 siswa dari empat kelas. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Uji coba instrumen di 3 kelas melibatkan subjek uji coba sebanyak 96 siswa. Sampel penelitian sebanyak 65 siswa yang terdiri dari kelas X IPA 1 dan X IPA 4. Penentuan sampel dilakukan dengan cara memilih kelas secara langsung guna memperoleh imformasi tentang disiplin dan tanggung jawab belajar siswa. Data hasil penelitian ini berupa respon jawaban siswa dianalisis menggunakan program SPSS versi 18.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik self-management dalam bimbingan kelompok efektif dalam: (1) peningkatan disiplin belajar siswa, (2) tanggung jawab belajar siswa, dan (3) disiplin dan tanggung jawab belajar siswa kelas X IPA di SMA Negeri 1 Wanasaba, Lombok Timur. Kata kunci: bimbingan kelompok, self-management, disiplin belajar, tanggung jawab belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Pendidikan > Konseling
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Sep 2019 07:22
Last Modified: 08 Nov 2021 04:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65956

Actions (login required)

View Item View Item