Pengaruh Model Learning Cycle 7E pada Materi Larutan Penyangga terhadap Pencapaian Kemampuan Berpikir Terintegrasi, Aktivitas Belajar, dan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik MA.

Wibowo, Aryati and Suyanta, Suyanta (2019) Pengaruh Model Learning Cycle 7E pada Materi Larutan Penyangga terhadap Pencapaian Kemampuan Berpikir Terintegrasi, Aktivitas Belajar, dan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik MA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (785kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) membedakan kemampuan berpikir terintegrasi, aktivitas belajar, dan keterampilan kolaborasi, (2) membandingkan profil kemampuan berpikir terintegrasi, (3) membandingkan profil aktivitas belajar peserta didik, dan (4) membandingkan keterampilan kolaborasi peserta didik pada pembelajaran dengan model learning cycle 7E dan pembelajaran dengan model ekspositori. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain posttest only. Sampel dalam penelitian adalah 60 peserta didik kelas XI MAN 1 Bantul yang dipilih dengan teknik random sampling. Sampel yang terpilih adalah dua kelas, satu kelas sebagai kelas eksperimen dengan model learning cycle 7E dan satu kelas sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran ekspositori. Data aktivitas belajar dan keterampilan kolaborasi peserta didik dikumpulkan melalui angket dan observasi sedangkan data kemampuan berpikir terintegrasi dikumpulkan melalui tes penguasaan materi larutan penyangga. Teknik MANOVA digunakan untuk menganalisis perbedaan kemampuan berpikir terintegrasi, aktivitas belajar dan keterampilan kolaborasi peserta didik, sedangkan analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis profil kemampuan berpikir terintegrasi, aktivitas belajar dan keterampilan kolaborasi peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan signifikan dari kemampuan berpikir terintegrasi, aktivitas belajar, dan keterampilan kolaborasi, (2) profil kemampuan berpikir terintegrasi pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, (3) profil aktivitas belajar peserta didik pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, dan (4) profil keterampilan kolaborasi peserta didik pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: learning cycle 7E, ekspositori, kemampuan berpikir terintegrasi, aktivitas belajar, keterampilan kolaborasi peseta didik
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Sep 2019 08:34
Last Modified: 18 Sep 2019 08:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65929

Actions (login required)

View Item View Item