PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN K13 REVISI MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN KELAS X PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SEMESTER GASAL DI SMK NEGERI 1 PAJANGAN

Nurhayati, Fatimah (2019) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN K13 REVISI MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN KELAS X PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SEMESTER GASAL DI SMK NEGERI 1 PAJANGAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab II.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab III.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul pembelajaran mata pelajaran Dasar-dasar Konstruksi Bangunan Kelas X program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan semester gasal di SMKN 1 Pajangan dan (2) memperoleh hasil kelayakan modul pembelajaran yang yang tekah dibuat sebagai bahan ajar pembelajaran mata pelajaran Dasar-dasar Konstruksi Bangunan di SMKN 1 Pajangan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengacu pada model pengembangan 4D (four-D) yaitu (1) tahap define (pendefinisian); (2) design (perancangan); (3) develop (pengembangan) dan (4) disseminate (penyebaran). Jenis Data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Teknik analisis data dalam tahap ini adalah deskriptif. Penelitian pengembangan ini menghasilkan: (1) produk berupa modul cetak pembelajaran mata pelajaran DDKB Kelas X DPIB Semester Gasal di SMKN 1 Pajangan. Modul berisi 6 KB yaitu: penerapan dan pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja serta lingkungan hidup; memahami dan menyajikan jenis-jenis konstruksi bangunan; memahami spesifikasi dan karakteristik kayu, beton, dan baja; menerapkan prosedur pekerjaan konstruksi beton, baja, kayu, tanah dan batu; memahami dan menganalisis penggunaan material dan alat berat pada pekerjaan konstruksi; mengevaluasi pekerjaan konstruksi dan melakukan perbaikan hasil pekerjaan konstruksi.bagian pada setiap KB dilengkapi dengan tujuan kegiatan belajar, pendahuluan, uraian materi, rangkuman, tes formatif, lembar kerja siswa, kunci jawaban serta daftar pustaka dan (2) hasil penelitian pengembangan modul pembelajaran DDKB di SMKN 1 Pajangan, bahwa pengujian validasi dosen ahli media mendapat skor rata-rata 3,61 dengan predikat “sangat layak”. Hasil pengujian validasi oleh dosen ahli materi mendapat skor rata-rata 3,17 dengan predikat “layak”. Hasil pengujian validasi oleh guru mata pelajaran DDKB mendapat skor rata-rata 3,74 dengan predikat “sangat layak”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, modul, dasar-dasar konstruksi bangunan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 18 Sep 2019 06:58
Last Modified: 18 Sep 2019 06:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65925

Actions (login required)

View Item View Item