Yuniari, Afny Ulfa (2019) PEMBELAJARAN PEMBUATAN POLA BLUS BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA DI SMK NEGERI 3 PURWOREJO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. Cover.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
3. Bab I.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
4. Bab II.pdf Download (657kB) | Preview |
|
|
Text
4. Bab II.pdf Download (657kB) | Preview |
|
|
Text
5. Bab III.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
5. Bab III.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
6. Bab IV.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text
7. Bab V.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
8. Daftar Pustaka.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
9. Lampiran.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan : 1) mengetahui pelaksanaan proses pembelajaran pembuatan pola blus berbantuan Macromedia Flash, 2) mengetahui peningkatan kompetensi pembuatan pola blus berbantuan Macromedia Flash. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc.Taggart. Subjek penelitian ini siswa kelas XI Busana Butik 2 SMK N 3 Purworejo yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data dengan memberikan tes essay dan tes unjuk kerja. Uji validitas instrumen penelitian dengan meminta pertimbangan ahli (expert judgements). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah : 1) pelaksanaan pembelajaran membuat pola blus berbantuan media berbasis macromedia flash pada kelas XI Busana Butik 2 di SMK N 3 Purworejo, adalah sebagai berikut : pada kegiatan pendahuluan guru menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa, pada kegiatan inti guru mendemostrasikan materi pembuatan pola blus berbantuan media berbasis macromedia flash, guru membimbing pembuatan pola blus, guru mengecek pemahaman siswa tentang materi pembuatan pola blus dan memberikan umpan balik, pada kegiatan penutup guru memberikan latihan lanjutan pembuatan pola blus. 2) Terjadi peningkatan kompetensi siswa, rata-rata nilai siswa pra siklus ke sikus I dari 71,86 menjadi 78,03.Sebanyak 17 siswa sudah mencapai KKM. Pada siklus I kompetensi siswa meningkat sebesar 68%. Pada Siklus II meningkat menjadi 100% yaitu 35 siswa sudah mencapai KKM dengan rata-rata nilai 83,45. Hal ini menunjukkan bahwa dengan adanya penerapan pembelajaran pola blus berbantuan macromedia flash dapat meningkatkan kompetensi siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peningkatan kompetensi, pola blus, Macromedia Flash |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 18 Sep 2019 03:18 |
Last Modified: | 18 Sep 2019 03:18 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65916 |
Actions (login required)
View Item |