PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBUAT POLA CELANA PANJANG PRIA BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK SISWA KELAS XI TATA BUSANA

Khasanah, Nidaul (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBUAT POLA CELANA PANJANG PRIA BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK SISWA KELAS XI TATA BUSANA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1.Cover.pdf

Download (999kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.Abstrak.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.BAB I.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.BAB II.pdf

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.BAB III.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.BAB V.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.Daftar Pustaka.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.Lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran membuat pola celana panjang pria berbasis adobe flash di SMK N 1 Ampelgading, (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran membuat pola celana panjang priaberbasis adobe flash untuk siswa kelas XI Tata Busana. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development).model pengembangan yang digunakan penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari (1) Analisis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dan expert judgment dengan hasil data dinyatakan layak atau valid. validasi produk dilakukan oleh ahli materi, media, dan reviewer. Teknik analisis data yang digunakan yaitu instrumen angket dan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran membuat pola celana panjang pria ini adalah : (1) pengembangan media dengan model ADDIE menghasilkan media membuat pola celana panjang pria berbasis adobe flash yang terdiri dari halaman utama, menu materi, menu praktek, dan menu kuis (2) Berdasarkan penilaian oleh ahli materi didapatkan rerata skor 78 dari rerata skor maksimal 100 dengan kategori “layak”. Berdasarkan penilaian oleh ahli media didapatkan rerata skor 93,5 dari rerata skor maksimal 100 dengan kategori “sangat layak”. Untuk hasil penilaian oleh siswa sebesar 71,79 dari rerata maksimal sebesar 80 dengan kategori “layak” digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini menunjukan bahwa media pembelajaran berbasis adobe flash dikatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, Media pembelajaran, Pola celana Panjang Pria
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 18 Sep 2019 03:10
Last Modified: 18 Sep 2019 03:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65915

Actions (login required)

View Item View Item