PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MODUL TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR MEMBUAT POLA BLUS MATA PELAJARAN KHM BUSANA KELAS XI MAN GODEAN

Tommi, Nanda Agnesia (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MODUL TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR MEMBUAT POLA BLUS MATA PELAJARAN KHM BUSANA KELAS XI MAN GODEAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pencapaian hasil belajar membuat pola blus sebelum menggunakan media modul sebagai alat bantu pembelajaran KHM Busana kelas XI MAN Godean, 2) Pencapaian hasil belajar membuat pola blus sesudah menggunakan media modul sebagai alat bantu pembelajaran KHM Busana kelas XI MAN Godean, 3) Pengaruh penggunaan media modul terhadap pencapaian hasil belajar membuat pola blus mata pelajaran KHM Busana kelas XI MAN Godean. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment. Subyek dalam penelitian ini adalah 33 siswa kelas XI MAN Godean. Metode pengumpulan data menggunakan tes pengetahuan membuat pola blus. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, dan menggunakan uji-t, melalui uji persyaratan normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pencapaian hasil belajar membuat pola blus sebelum menggunakan media modul yaitu 30,30% telah memenuhi nilai standar KKM. 2) pencapaian hasil belajar membuat pola blus setelah menggunakan media modul yaitu 100,00% siswa telah memenuhi nilai standar KKM, 3) pengaruh penggunaan media modul terhadap pencapaian hasil belajar membuat pola blus mata pelajaran KHM Busana kelas XI MAN Godean menunjukkan ada beda yang signifikan yaitu terdapat perbedaan pencapaian hasil belajar membuat pola blus sebelum dan sesudah menggunakan media modul. Besarnya rata-rata untuk data pre-test adalah sebesar 71,80 dan nilai rata-rata untuk data post-test adalah sebesar 89,77. Hasil ini menunjukkan bahwa pencapaian hasil belajar membuat pola blus siswa setelah menggunakan media modul sebagai alat bantu pembelajaran mata pelajaran KHM Busana meningkat sebesar 17,97 atau sebesar 25,03%. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media modul terhadap pencapaian hasil belajar membuat pola blus mata pelajaran KHM Busana kelas XI MAN Godean.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Modul, Hasil Belajar, Pola Blus
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 18 Sep 2019 03:04
Last Modified: 18 Sep 2019 03:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65914

Actions (login required)

View Item View Item