PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI BIMBINGAN BELAJAR BERBASIS WEB DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR PRIVAT KINDY EDUCA

Aziz, Fikry Abdullah (2019) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI BIMBINGAN BELAJAR BERBASIS WEB DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR PRIVAT KINDY EDUCA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (821kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengembangkan sistem pendaftaran peserta didik baru yang dapat tersimpan dengan rapi dan mudah diakses, 2) Mengembangkan sistem informasi untuk memasangkan siswa baru dengan tentor yang ada dengan cepat dan mudah, 3) Mengembangkan sistem informasi yang dapat mengetahui lokasi siswa dengan akurat tanpa bantuan dari pihak Kindy Educa, 4) Mengembangkan sistem informasi yang bebas dari bug dan error yang lolos uji standar ISO 25010. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yang memiliki beberapa jenis metode pengembangan sistem, dan yang digunakan pada penelitian ini adalah waterfall model yang memiliki 5 langkah: 1) analisis, 2) desain, 3) pengembangan, 4) pengujian, 5) pemeliharaan. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) sistem informasi bimbingan belajar privat berbasis web dikembangkan dengan menggunakan framework Laravel, 2) hasil pengujian menunjukkan (1) aspek functional suitability menunjukkan skor 0,99 dari total skor 1, (2) aspek performance efficiency menunjukan skor 89 (grade B) pada kategori PageSpeed dan skor 67,1 (grade D) pada kategori YSlow, (3) aspek usability mendapat skor 50,4, (4) aspek security menunjukkan tingkat ancaman pada level 0, (5) aspek maintainability index mendapatkan skor 91,11 yang lebih tinggi dari skor 85, (6) dan pada aspek portability sistem dapat berjalan dengan lancar di semua software dan hardware yang digunakan untuk melakukan pengujian. Hasil pengujian tersebut menunjukkan bahwa sistem informasi ini layak untuk digunakan dan cukup memenuhi standar ISO 25010.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: sistem informasi, bimbingan belajar, web, laravel, system usability scale, uml, erd, ISO 25010
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 18 Sep 2019 01:23
Last Modified: 18 Sep 2019 01:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65901

Actions (login required)

View Item View Item