Ashari, Maulana Ridho (2019) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR ANALISIS SIFAT ELEMEN PASIF KELAS X SMK NEGERI 1 PLERET. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. Cover.pdf Download (689kB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text
3. Bab I.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
4. Bab II.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
5. Bab III.pdf Download (375kB) | Preview |
|
|
Text
6. Bab IV.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text
7. Bab V.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
8. Daftar Pustaka.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
9. Lampiran.pdf Download (14MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan Group Investigation (GI) pada kompetensi dasar analisis sifat elemen pasif mata pelajaran Dasar Listrik Elektronika Kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Pleret. (2) model pembelajaran yang lebih baik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar analisis sifat elemen pasif mata pelajaran Dasar Listrik Elektronika Kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Pleret. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan pretest-posttest randomized control group design. Subjek penelitian terdiri dari 30 siswa kelas X TITL C sebagai kelas GI dan 30 siswa TITL B sebagai kelas PBL. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes. Uji validitas instrumen dilakukan oleh expert judgement. Uji reliabilitas dihitung menggunakan KR-20 sedangkan uji hipotesis menggunakan Uji t. Hasil penelitian adalah: (1) Mean kelas yang menggunakan model pembelajaran GI adalah 53,67 (pretest), 84,67 (posttest) dan 0,7167 (gain); (2) Mean kelas yang menggunakan model pembelajaran PBL adalah 54,83 (pretest), 79,33 (posttest) dan 0,5117 (gain); Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan signifikan hasil belajar kelas model pembelajaran GI-PBL dengan t hitung 3,037 > t tabel 2,042 dan signifikansi 0,004 < 0,05. (2) Terdapat perbedaan signifikan peningkatan hasil belajar kelas model pembelajaran GI-PBL dengan t hitung 2,862 > t tabel 2,042 dan signifikansi 0,006 < 0,05. (3) Model pembelajaran GI memberikan peningkatan hasil belajar yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Group Investigation (GI), Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Dasar Listrik Elektronika |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektro |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 16 Sep 2019 02:55 |
Last Modified: | 16 Sep 2019 02:55 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65864 |
Actions (login required)
View Item |