PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR ANALISIS SIFAT ELEMEN PASIF KELAS X SMK NEGERI 1 PLERET

Ashari, Maulana Ridho (2019) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR ANALISIS SIFAT ELEMEN PASIF KELAS X SMK NEGERI 1 PLERET. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab II.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab III.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab IV.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab V.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan Group Investigation (GI) pada kompetensi dasar analisis sifat elemen pasif mata pelajaran Dasar Listrik Elektronika Kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Pleret. (2) model pembelajaran yang lebih baik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar analisis sifat elemen pasif mata pelajaran Dasar Listrik Elektronika Kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Pleret. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan pretest-posttest randomized control group design. Subjek penelitian terdiri dari 30 siswa kelas X TITL C sebagai kelas GI dan 30 siswa TITL B sebagai kelas PBL. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes. Uji validitas instrumen dilakukan oleh expert judgement. Uji reliabilitas dihitung menggunakan KR-20 sedangkan uji hipotesis menggunakan Uji t. Hasil penelitian adalah: (1) Mean kelas yang menggunakan model pembelajaran GI adalah 53,67 (pretest), 84,67 (posttest) dan 0,7167 (gain); (2) Mean kelas yang menggunakan model pembelajaran PBL adalah 54,83 (pretest), 79,33 (posttest) dan 0,5117 (gain); Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan signifikan hasil belajar kelas model pembelajaran GI-PBL dengan t hitung 3,037 > t tabel 2,042 dan signifikansi 0,004 < 0,05. (2) Terdapat perbedaan signifikan peningkatan hasil belajar kelas model pembelajaran GI-PBL dengan t hitung 2,862 > t tabel 2,042 dan signifikansi 0,006 < 0,05. (3) Model pembelajaran GI memberikan peningkatan hasil belajar yang lebih baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Group Investigation (GI), Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Dasar Listrik Elektronika
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 16 Sep 2019 02:55
Last Modified: 16 Sep 2019 02:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65864

Actions (login required)

View Item View Item