PengembanganPerangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Kearifan Lokal Rabi Ro’o Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Nasionalisme Pada Peserta Didik SMA.

Ernasari, Ernasari and Rosana, Dadan (2019) PengembanganPerangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Kearifan Lokal Rabi Ro’o Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Nasionalisme Pada Peserta Didik SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (806kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran fisika berbasis kearifan lokal rabi ro’o yang layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan nasionalisme; (2) mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran fisika berbasis kearifan lokal rabi ro’o dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik SMA; (3) mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran fisika berbasis kearifan lokal rabi ro’o dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik SMA. Materi fisika yang digunakan pada rabi ro’o mengacu pada dinamika gerak yaitu hukum Newton. Penelitian ini merupakan research and development yang menggunakan desain model 4-D (define, design, develop, dan disseminate). Desain penelitian yaitu pretest- posttest control group design. Pengembangan perangkat pembelajaran fisika di lakukan dengan menganalisis masalah, mendesain produk awal, uji ahli, uji coba terbatas, dan uji coba lapangan. Subjek penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas X MIA SMAN 1 Woha tahun ajaran 2018/2019 untuk uji coba terbatas, 275 peserta didik kelas XI MIA dari dua SMAN Bima tahun ajaran 2018/2019 untuk uji empirik, dan31 peserta didik kelas X MIA 3 SMA N 1 Woha tahun ajaran 2018/2019 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran menggunakan buku pegangan guru dan 33 peserta didik kelas X MIA 1 SMA N 1 Woha tahun ajaran 2018/2019 sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran fisika berbasis kearifan lokal rabi ro’o untuk uji coba lapangan. Instrumen penelitian terdiri dari tes dan non tes. Instrumen tes berupates pemahaman konsep. Intrumen non tes berupa angket nasionalisme, angket penilaian kelayakan produk, angket telaah instrumen tes dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji kelayakan produk menggunakan skala baku, sedangkan kevalidan instrumen soal pemahaman konsep dan angket nasionalisme dengan Aiken V dan analisis butir pada partial credit model (PCM) menurut teori respon butir (IRT). Teknik analisis uji efektivitas produk dalam meningkatkan pemahaman konsep dan nasionalisme peserta didik menggunakan Uji MANOVA dan regresi linier berganda dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran fisika berbasis kearifan lokal rabi ro’o yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran fisika berdasarkan pada penilaian materi dan instrumen menurut ahli,guru fisika dan teman sejawat dengan kategori baik. Selain itu, butir instrumen tes pemahaman konsep dan nasionalisme memenuhi kriteria valid menurut ahli, praktisi, guru fisika, teman sejawat, dan reliabel sesuai teori respons butir pada partial credit model; (2) perangkat pembelajaran fisika berbasis kearifan lokal rabi ro’o efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik ; dan (3) perangkat pembelajaran fisika berbasis kearifan lokal rabi ro’o efektif dalam meningkatkan nasionalisme peserta didik. Kata Kunci : Perangkat pembelajaran fisika, kearifan lokal (rabi ro’o), pemahaman konsep, nasionalisme

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Sep 2019 07:41
Last Modified: 11 Oct 2023 07:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65846

Actions (login required)

View Item View Item