PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGANALISIS PEMELIHARAAN BAHAN TESKTIL SISWA KELAS X TATA BUSANA SMK NEGERI 1 DEPOK

Rini, Angga (2019) PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGANALISIS PEMELIHARAAN BAHAN TESKTIL SISWA KELAS X TATA BUSANA SMK NEGERI 1 DEPOK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (995kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab II.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab III.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab IV.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pelaksanaan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) pada materi menganalisis pemeliharaan bahan tesktil siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Depok, 2) peningkatan hasil belajar pada materi menganalisis pemeliharaan bahan tesktil dengan pelaksanaan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) bagi siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Depok. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan desain penelitian model Kurt Lewin. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X Tata Busana di SMK Negeri 1 Depok yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Pembuktian validitas instrumen menggunakan validitas konstruk yaitu meminta pertimbangan dosen pembimbing dan guru, kemudian dilakukan uji empirik dan pembuktian reabilitas menggunakan rumus KR 20. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dilaksanakan dalam dua siklus yang meliputi (a) membuka pelajaran dengan mengucap salam dan berdo’a, memeriksa daftar hadir siswa, menjelaskan tujuan pembelajaran, apersepsi dan menjelaskan teknik penilaian,(b) membentuk kelompok belajar, siswa belajar bersama dengan anggota kelompok masingmasing, (c) Game dan Tournament, siswa bertanding di meja turnamen mewakili kelompoknya dengan siswa dari kelompok lain yang memiliki tingkatan akademik yang sama, (d) pemberian penghargaan kelompok untuk tim terbaik, (e) pemberian soal tes hasil belajar, (f) refleksi yang dilakukan siswa dan guru bersama-sama, (2) hasil belajar siswa pra siklus sebesar 33,3% siswa memenuhi nilai KKM (<76), 10 siswa dari total 30 siswa kemudian meningkat menjadi 63,3% pada siklus I. Hasil belajar siswa meningkat ke angka 93,3% pada siklus II, 28 siswa telah memenuhi nilai KKM dari 30 siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Knowledge of Textile Materials, TGT
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 12 Sep 2019 03:15
Last Modified: 12 Sep 2019 03:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65830

Actions (login required)

View Item View Item