PENTA RECON (PENGENDALI TRAKTOR TANGAN DENGAN REMOTE CONTROL GUNA MENDUKUNG PROGRAM SWASEMBADA PANGAN MELALUI MEKANISASI PERTANIAN)

Firdaus, Sayid Ahmad Abdi (2019) PENTA RECON (PENGENDALI TRAKTOR TANGAN DENGAN REMOTE CONTROL GUNA MENDUKUNG PROGRAM SWASEMBADA PANGAN MELALUI MEKANISASI PERTANIAN). D3 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (800kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penggunaan traktor tangan untuk pengolahan lahan pertanian masih menyebabkan beberapa masalah seperti kelelahan kerja dan masalah ergonomik bagi operatornya. Dari permasalahan tersebut penulis mempunyai gagasan untuk membangun sebuah alat yang dapat dipasangkan pada traktor tangan sehingga traktor tangan tersebut dapat dikendalikan menggunakan remote control. Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk menghasilkan alat Penta Recon, mengetahui unjuk kerja alat Penta Recon, serta mengetahui cara kerja alat Penta Recon. Metode yang digunakan terdiri dari (1) identifikasi dan analisis kebutuhan, (2) perancangan sistem, (3) pembuatan alat, (4) dan pengujian. Pada bagian hardware kendali utama menggunakan mikrokontroler ATmega328 pada board Arduino UNO, remote control sebagai input pengirim perintah jarak jauh, motor servo sebagai output penggerak mekanik gas pada disel traktor, driver motor sebagai penguat output untuk menggerakan motor DC power window yang menarik mekanik kopling traktor. Untuk mendesain skematik dan layout PCB software yang digunakan adalah Eagle 9, dan untuk pembuatan program menggunakan software Arduino IDE. Berdasarkan hasil pengujian alat yang terpasang pada traktor Yanmar YST Pro menunjukan bahwa alat ini sudah berhasil dan traktor dapat dikendalikan dari jarak jauh. Penta Recon bekerja dengan tegangan catu daya pada kisaran 12.4 volt DC. Receiver Penta Recon bekerja dengan tegangan 5.0 volt DC dengan jangkauan transmisi dapat mencakup jarak sampai 100 m. Motor servo bekerja pada tegangan 5.0 volt DC dan ketika posisi tuas throttle pada remot 100% simpangan tuas motor servo mencapai sudut 93o. Mekanik kopling mampu ditarik oleh motor DC yang bekerja dengan tegangan 12.03 volt DC

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: Pertanian, Traktor Tangan, Remote Control, Penta Recon
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 12 Sep 2019 01:31
Last Modified: 12 Sep 2019 01:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65821

Actions (login required)

View Item View Item