PENGEMBANGAN MODUL DASAR-DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN UNTUK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNOLOGI KONSTRUKSI DAN PROPERTI DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN

Afifudin, Muhammad (2019) PENGEMBANGAN MODUL DASAR-DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN UNTUK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNOLOGI KONSTRUKSI DAN PROPERTI DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (848kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (788kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk mengetahui: (1) tahap pendefinisian, (2) perancangan, (3) pengembangan, dan (4) penyebaran dalam pengembangan modul pembelajaran dasar-dasar konstruksi bangunan untuk peserta didik kelas X Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti SMK Negeri 1 Seyegan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang disesuaikan dengan model pengembangan 4D (Four D Models). Subjek penelitian adalah dosen jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, sebagai ahli materi dan ahli media, serta siswa kelas X Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti SMK Negeri 1 Seyegan sebagai pengguna modul. Sumber pengembangan isi modul secara primer mengacu pada silabus dan sub materi modul di ambil dari beberapa buku sebagai referensi serta alat pengumpulan data menggunakan angket. Hasil pengembangan diketahui bahwa: (1) pada tahap pendefinisian dalam pengembangan modul ini meliputi analisis awal, analisis kurikulum, analisis peserta didik, dan perumusan tujuan pembelajaran dasar-dasar konstruksi bangunan (2) pada tahap perancangan dalam pengembangan modul ini meliputi penyusunan garis besar isi modul, mendesain isi materi pada modul, pemilihan media dan format, serta penulisan naskah modul pembelajaran dasar-dasar konstruksi bangunan (3) pada tahap pengembangan dalam pengembangan modul ini menghasilkan modul pembelajaran dengan mendapatkan hasil uji kelayakan pengembangan modul mata pelajaran dasar-dasar konstruksi bangunan untuk kelas X Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Propeti SMK Negeri 1 Seyegan menurut ahli materi memperoleh skor 3,1 dengan kategori layak, menurut ahli media memperoleh skor 3,143 dengan kategori layak, dan menurut pengguna (siswa) memperoleh skor 62 dengan kategori layak (4) pada tahap penyebaran dalam pengembangan modul pembelajaran ini ialah mendistribusikan modul dasar-dasar konstruksi bangunan di SMK Negeri 1 Seyegan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, modul, dasar-dasar konstruksi bangunan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 11 Sep 2019 06:27
Last Modified: 11 Sep 2019 06:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65813

Actions (login required)

View Item View Item