Pengembangan Interactive Physics Mobile Learning Media Berbasis Android dengan Pendekatan Pembelajaran Scaffolding Pada Materi Termodinamika untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill dan Self Efficacy Peserta Didik SMA.

Dasilva, Beatrix Elvi and Suparno, Suparno (2019) Pengembangan Interactive Physics Mobile Learning Media Berbasis Android dengan Pendekatan Pembelajaran Scaffolding Pada Materi Termodinamika untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill dan Self Efficacy Peserta Didik SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
Lampiran .pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan Interactive Physics Mobile Learning Media (IPMLM) berbasis android dengan pendekatan scaffolding pada materi Termodinamika yang layak untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan self efficacy peserta didik SMA; 2) Mengetahui efektivitas penggunaan interactive physics mobile learning media berbasis android dengan pendekatan pembelajaran scaffolding dalam meningkatkan higher order thinking skill dan self efficacy peserta didik SMA. Desain penelitian adalah research and development (R & D) dengan model 4-D (defining, designing, developing, disseminating). Subjek penelitian terbagi menjadi 3 kelas eksperimen dengan jumlah 106 peserta didik dan 3 kelas kontrol dengan jumlah 104 peserta didik di kelas XI IPA dari SMAN 2, SMAN 3, dan SMAN 5 Kota Kupang. Produk-produk yang dikembangkan yakni aplikasi interactive physics mobile learning media (IPMLM), rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja peserta didik, angket respon peserta didik terhadap media dan kegiatan pembelajaran serta lembar validasi dan kelayakan produk. Instrumen evaluasi yang dikembangkan adalah instrumen tes higher order thinking skill berupa soal pilihan ganda beralasan dan angket self efficacy. Teknik analisis data uji coba soal menggunakan analisis item response theory dengan bantuan program QUEST dan PARSCALE. Data hasil uji luas dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik inferensial dilakukan dengan menggunakan uji MANOVA dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) aplikasi interactive physics mobile learning media berbasis android dengan pendekatan pembelajaran scaffolding pada materi termodinamika dinyatakan layak digunakan untuk meningkatkan higher order thinking skill dan self efficacy; 2) penggunaan interactive physics mobile learning media ((IPMLM)) berbasis android dengan pendekatan pembelajaran scaffolding efektif dalam meningkatkan higher order thinking skill dan self efficacy peserta didik SMA. Kata kunci: Interactive Physics Mobile Learning Media (IPMLM) berbasis android, Higher Order Thinking Skill, Pendekatan Pembelajaran Scaffolding, Self-Efficacy.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Sep 2019 08:46
Last Modified: 10 Oct 2023 08:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65804

Actions (login required)

View Item View Item