Margiono, Dodi (2019) MEDIA PEMBELAJARAN PRAMUKA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN SOFTWARE ADOBE FLASH CS6. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. Cover.pdf Download (841kB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
3. Bab I.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
4. Bab II.pdf Download (567kB) | Preview |
|
|
Text
5. Bab III.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
6. Bab IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
7. Bab V.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
8. Daftar Pustaka.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
9. Lampiran.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Dalam kegiatan ekstrakulikuler pramuka di SMK Negeri 1 Pundong, media pembelajaran yang digunakan masih terbatas bersumber pada buku. Dibutuhkan variasi media yang dapat menarik minat siswa untuk mempelajari materi-materi pramuka. Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan media pembelajaran pramuka berbasis android menggunakan software Adobe Flash CS6, (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran pramuka berbasis android menggunakan software Adobe Flash CS6. Metode dalam penelitan ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ini terdiri dari 5 tahapan : (1) analysis yaitu mencari tahu kebutuhan awal untuk pembuatan media yang dikembangkan, (2) design yaitu pengumpulan bahan serta pembuatan kerangka awal media berupa flowchart, storyboard, dan instrument kelayakan, (3) development yaitu pembuatan media menggunakan Adobe Flash CS6, (4) implementation yaitu melakukan uji kelayakan kepada responden terhadap media yang sudah dibuat, (5) evaluation yaitu menganalisis nilai dan hasil dari uji kelayakan media oleh responden. Uji kelayakan dilakukan oleh 3 kelompok respoden meliputi ahli media, ahli materi, dan siswa. Hasil penelitian ini adalah : (1) menghasilkan produk akhir berupa media pembelajaran pramuka berbasis android menggunakan software Adobe Flash CS6, (2) tingkat kelayakan media pembelajaran dari ahli media mendapatkan rata-rata persentase sejumlah 85,62% dengan kategori sangat layak, dari ahli materi mendapatkan rata-rata persentase sejumlah 86,25% dengan kategori sangat layak, dan dari siswa mendapatkan rata-rata persentase sejumlah 86,5% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka media pembelajaran pramuka berbasis android menggunakan software Adobe Flash CS6 layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran pramuka.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, android, Adobe Flash CS6, dan kelayakan. |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 10 Sep 2019 08:23 |
Last Modified: | 10 Sep 2019 08:23 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65800 |
Actions (login required)
View Item |