MEDIA PEMBELAJARAN PRAMUKA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN SOFTWARE ADOBE FLASH CS6

Margiono, Dodi (2019) MEDIA PEMBELAJARAN PRAMUKA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN SOFTWARE ADOBE FLASH CS6. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (841kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab II.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab III.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab V.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam kegiatan ekstrakulikuler pramuka di SMK Negeri 1 Pundong, media pembelajaran yang digunakan masih terbatas bersumber pada buku. Dibutuhkan variasi media yang dapat menarik minat siswa untuk mempelajari materi-materi pramuka. Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan media pembelajaran pramuka berbasis android menggunakan software Adobe Flash CS6, (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran pramuka berbasis android menggunakan software Adobe Flash CS6. Metode dalam penelitan ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ini terdiri dari 5 tahapan : (1) analysis yaitu mencari tahu kebutuhan awal untuk pembuatan media yang dikembangkan, (2) design yaitu pengumpulan bahan serta pembuatan kerangka awal media berupa flowchart, storyboard, dan instrument kelayakan, (3) development yaitu pembuatan media menggunakan Adobe Flash CS6, (4) implementation yaitu melakukan uji kelayakan kepada responden terhadap media yang sudah dibuat, (5) evaluation yaitu menganalisis nilai dan hasil dari uji kelayakan media oleh responden. Uji kelayakan dilakukan oleh 3 kelompok respoden meliputi ahli media, ahli materi, dan siswa. Hasil penelitian ini adalah : (1) menghasilkan produk akhir berupa media pembelajaran pramuka berbasis android menggunakan software Adobe Flash CS6, (2) tingkat kelayakan media pembelajaran dari ahli media mendapatkan rata-rata persentase sejumlah 85,62% dengan kategori sangat layak, dari ahli materi mendapatkan rata-rata persentase sejumlah 86,25% dengan kategori sangat layak, dan dari siswa mendapatkan rata-rata persentase sejumlah 86,5% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka media pembelajaran pramuka berbasis android menggunakan software Adobe Flash CS6 layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran pramuka.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, android, Adobe Flash CS6, dan kelayakan.
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 10 Sep 2019 08:23
Last Modified: 10 Sep 2019 08:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65800

Actions (login required)

View Item View Item