Pengembangan Physics Mobile Learning Media (PMLM) Interaktif dengan Pendekatan Scaffolding Materi Usaha dan Energi untuk Meningkatkan HOTS dan Sikap Ilmiah Siswa SMA.

Heru, Mohamad and Suparno, Suparno (2019) Pengembangan Physics Mobile Learning Media (PMLM) Interaktif dengan Pendekatan Scaffolding Materi Usaha dan Energi untuk Meningkatkan HOTS dan Sikap Ilmiah Siswa SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan Physics Mobile Learning Media (PMLM) Interaktif dengan Pendekatan Scaffolding yang layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan HOTS dan sikap ilmiah, (2) mengetahui keefektifan PMLM interaktif dengan pendekatan Scaffolding dalam meningkatkan kemampuan HOTS dan sikap ilmiah siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Borg dan Gall yang dimodifikasi meliputi tahap studi pendahuluan, tahap perencanaan, tahap pengembangan, tahap uji terbatas, revisi produk, uji lapangan, revisi 2 produk, finalisasi produk, publikasi dan diseminasi produk. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen tes dan non-tes. Instrumen tes berupa tes kemampuan HOTS. Instrumen non tes berupa angket angket sikap ilmiah, lembar observasi sikap ilmiah dan angket respons siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA N 1 Carenang untuk uji terbatas. Uji lapangan diterapkan kepada siswa kelas X MIPA dari SMA N 1 KIBIN, SMA N 1 Ciruas, dan SMA N 1 Petir. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan skor rata-rata kemudian dikonversi dalam kriteria yang sudah ditetapkan dan Generalized Linear Model dengan taraf signifikansi 0,05 untuk mengukur efektifitas produk dalam meningkatkan kemampuan HOTS dan sikap ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Physics Mobile Learning Media (PMLM) interaktif dengan pendekatan Scaffolding yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan HOTS dan sikap ilmiah. Hasil Penilaian kelayakan oleh dosen ahli dan praktisi terhadap butir soal tes kemampuan HOTS dinyatakan valid, dan penilaian terhadap RPP, angket sikap ilmiah, materi PMLM, media PMLM, lembar observasi sikap ilmiah dan angket respon siswa keseluruhan memiliki kriteria sangat baik. (2) Physics Mobile Learning Media (PMLM) interaktif dengan pendekatan Scaffolding efektif dalam meningkatkan kemampuan HOTS dan sikap ilmiah berdasarkan hasil perubahan hasil pretest dan postest, peningkatan berdasarkan Mean Difference, dan besar kontribusi PMLM berdasarkan partial eta square pada Generalized Linier Model (GLM). Kata Kunci: Physics mobile learning, interaktif, scaffolding, HOTS, sikap ilmiah.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Sep 2019 08:20
Last Modified: 11 Oct 2023 08:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65783

Actions (login required)

View Item View Item