PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PEMBUATAN KEMEJA DALAM MATA PELAJARAN BUSANA INDUSTRI SISWA KELAS XI TATA BUSANA DI SMK NEGERI 1 WONOSARI

Rochayati, Eviana (2019) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PEMBUATAN KEMEJA DALAM MATA PELAJARAN BUSANA INDUSTRI SISWA KELAS XI TATA BUSANA DI SMK NEGERI 1 WONOSARI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab II.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab III.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab IV.pdf

Download (760kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab V.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1)mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran pembuatan kemeja dalam mata pelajaran busana industri siswa kelas XI Tata Busana di SMK Negeri 1 Wonosari; 2)mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran pembuatan kemeja dalam mata pelajaran busana industri siswa kelas XI Tata Busana di SMK Negeri 1 Wonosari ditinjau dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan akhir (penutup). Penelitian ini menggunakan metode penelitian evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Busana di SMK Negeri 1 Wonosari yang berjumlah 61 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala guttman. Uji validitas dalam penelitian ini dapat disimpulkan dari hasil penilaian (judgment expert) yang dilakukan para ahli dan hasilnya dihitung menggunakan koefisien Aiken’s V, sedangkan untuk pengujian reliabilitas dengan menggunakan teknik kappa. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dengan mencari nilai rerata ideal (Mi), standar deviasi ideal (Sdi), nilai maksimum dan nilai minimum yang dimasukkan ke dalam interval nilai untuk mengetahui kategori dari setiap variabel penelitian Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)pelaksanaan pembelajaran pembuatan kemeja secara keseluruhan dengan perolehan mean sebesar 35,20 masuk dalam kategori sangat baik; 2)pelaksanaan pembelajaran pembuatan kemeja ditinjau dari kegiatan pendahuluan dengan perolehan mean sebesar 10,03 masuk dalam kategori sangat baik; pelaksanaan pembelajaran pembuatan kemeja ditinjau dari kegiatan inti dengan perolehan mean sebesar 11,90 masuk dalam kategori baik; dan pelaksanaan pembelajaran pembuatan kemeja ditinjau dari kegiatan akhir/penutup dengan perolehan mean sebesar 13,25 masuk dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, pembuatan kemeja di SMK Negeri 1 Wonosari
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 10 Sep 2019 02:04
Last Modified: 10 Sep 2019 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65772

Actions (login required)

View Item View Item