Ulhaq, Rizky Ghozia (2019) PENGEMBANGAN NAVIGASI DRONE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SENSOR ACCELEROMETER DAN GYROSCOPE PADA MATAKULIAH KENDALI DAN AKUISISI DATA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB IV.pdf Download (770kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB V.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
8. Daftar Pustaka.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
9. Lampiran.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengembangan navigasi drone sebagai media pembelajaran sensor accelerometer dan gyroscope pada mata kuliah kendali dan akuisisi data, (2) mengetahui unjuk kerja dari navigasi drone sebagai media pembelajaran sensor accelerometer dan gyroscope pada mata kuliah kendali dan akuisisi data, (3) mengetahui tingkat kelayakan navigasi drone sebagai media pembelajaran sensor accelerometer dan gyroscope pada mata kuliah kendali dan akuisisi data untuk mahasiswa Pendidikan Teknik Mekatronika UNY ditinjau dari ahli materi, media, dan pengguna. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ADDIE yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch yaitu terdiri dari analyze, design, development, implement, and evaluate. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Mekatronika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument kuisioner/angket dengan skala likert 4 pilihan untuk memperoleh data kelayakan dari pengemabngan navigasi drone menggunakan sensor accelerometer dan gyroscope. Hasil penelitianini adalah (1) pengembangan navigasi drone menggunakan sensor accelerometer dan gyroscope dilengkapi dengan modul, jobsheet, dan buku panduan untuk mempermudah penggunaan dan pembelajaran, (2) Hasil uji respon sensor menunjukan bahwa sensor accelerometer dan gyroscope dapat menghasilkan data roll, pitch, dan yaw yang sesuai dengan gerakan nyata dari drone, (3) Hasil uji kelayakan media pembelajaran menggunakan hasil dari penilaian ahli media, materi, dan pengguna. Penilaian ahli materi berdasarkan tiga aspek yaitu relevansi materi, penyajian, dan bahasa mendapatkan skor diatas 84.4% dengan kategori “Sangat Layak”. Sedangakan penilaian ahli media dengan tiga spek yaitu kemanfataan media, perangkat media, dan kemudahan penggunaan mendapatkan skor diatas 87.5% dengan kategori “Sangat Layak”. Uji terakhir yaitu oleh pengguna dengan tiga aspek yaitu kualitas isi dan tujuan, kualitas pembelajaran, dan kualitas penggunaan mendapatkan hasil skor diatas 72.8% dengan kategori “Layak”.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Navigasi drone, Accelerometer, Gyroscope |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 09 Sep 2019 02:54 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 02:54 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65719 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |