Pengembangan Hybrid Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Science Pada Pendidikan Kesetaraan Program Paket C

Hediansah, Disa (2019) Pengembangan Hybrid Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Science Pada Pendidikan Kesetaraan Program Paket C. S2 thesis, UNY.

[img] Text (PENGEMBANGAN HYBRID LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SCIENCE PADA PENDIDIKAN KESETARAAN PROGRAM PAKET C)
DISA HEDIANSAH_17707251039_TP.swf - Published Version

Download (12MB)
[img] Text
ServiceLogin_service=wise&passive=1209600&continue=https_%2F%2Fdrive.google.com%2Fopen_id=1LCb986kxlEf-XArTamTm4YRfL1pyTBOT&followup=https_%2F%2Fdrive.google.com%2Fopen_id=1LCb986kxlEf-XArTamTm4YRfL1pyTBOT

Download (75kB)
Official URL: https://edujar.id

Abstract

DISA HEDIANSAH: Pengembangan Hybrid Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Science pada Pendidikan Kesetaraan Program Paket C. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran fisika berbasis hybrid learning, dan (2) mengungkapkan kelayakan, kepraktisan dan keefektifan media tersebut dalam meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep materi Hukum Newton tingkat 5 atau setara kelas X menengah sederajat. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan multimedia pembelajaran yang digagas oleh Alessi & Trollip. Tahapan secara umum model pengembangan ini meliputi planning, design dan development. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi ahli materi dan media, lembar penilaian kepraktisan guru, angket respon siswa, angket minat belajar siswa, dan tes pemahaman konsep. Subjek uji coba adalah guru dan warga belajar tingkat 5 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Bina Pandu Mandiri di Kabupaten Ciamis. Media ini dikembangkan berdasarkan pendekatan belajar campuran (hybrid) online dan offline. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran fisika hybrid learning ini memiliki karakteristik diantaranya memadukan dua pendekatan pembelajaran campuran (hybrid) dengan kombinasi 70% online dan 30% offline. Pengembangan web pembelajaran menggunakan dua gabungan tools sekaligus yaitu moodle dan bootstrap yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan laman (interface) masing-masing. Web pembelajaran bisa diakses melalui alamat “edujar.net”. Media dapat diakses melalui berbagai platform baik laptop maupun melalui smartphone (responsive) sehingga memenuhi unsur fleksibilitas. Kelayakan model pembelajaran fisika hybrid learning memperoleh penilaian dan kriteria valid dengan kategori sangat baik berdasarkan ahli materi dan juga ahli media, memenuhi kriteria praktis dengan kategori sangat baik berdasarkan penilaian guru dan juga respon dari warga belajar, serta memenuhi kriteria efektif yang ditinjau dari dua hal yakni, persentase ketuntasan 88% dengan rerata nilai mencapai 79,26 dalam tes pemahaman konsep dan 81,4 % warga belajar memiliki minat belajar minimal tinggi dengan peningkatan skor minat sebelum dan sesudah mengikuti implementasi hybrid learning. Temuan ini menambahkan inovasi manajemen dan pendekatan pembelajaran sains terutama pada pembelajaran metode kombinasi (hybrid) fisika di sekolah maupun luar sekolah sebagai alternatif belajar yang efektif dan fleksibel. Kata Kunci: hybrid learning, management pembelajaran, minat belajar, offline dan online, pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: blended learning, design learning, distance learning, pendidikan luar sekolah, inovasi pembelajaran, manajemen pembelajaran guru, industry 4.0, education 4.0
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Manajemen
Pasca Sarjana
Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Disa Hediansah
Date Deposited: 17 Jul 2020 10:36
Last Modified: 17 Jul 2020 10:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65697

Actions (login required)

View Item View Item