PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA ANAK TUNARUNGU KELAS I DI SLB B WIYATA DHARMA I SLEMAN

Tri Handayani, Fita (2012) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA ANAK TUNARUNGU KELAS I DI SLB B WIYATA DHARMA I SLEMAN. S1 thesis, FIP uny.

[img]
Preview
Text
fita.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan mendeskripsikan penguasaankosakata kerja anak tunarungu kelas I SD SLB B Wiyata Dharma I Sleman denganmenerapkanmetode bermain peran (role playing). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan berkolaborasi dengan guru kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak tunarungu yang berjumlah 3 orang. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Siklus I dilaksanakan selama 4 kali pertemuan dan siklus II juga dilaksanakan selama 4 kali pertemuan. Setiap siklus diakhiri dengan melakukan post test. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes penguasaan kosakata kerja, observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan penyajian data dalam bentuk tabel dan diagram batang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bermain peran (role playing) dapat meningkatkan penguasaan kosakata kerja anak tunarungu. Hasil tersebut dibuktikan dari meningkatnya pencapaian skor anaktunarungu setelah dilakukan pembelajaran kosakata kerja dengan menggunakan metode bermain peran (role playing). Peningkatan penguasaan kosakata kerja anak tunarungu ditunjukkan dengan meningkatnya presentase pencapaian pada post test II dan anak dalam memerankan kosakata kerja tepat dan sesuai dengan percakapan/ dialog. Meningkatkan penguasaan kosakata kerja anak tunarungu dengan menerapkan metode bermain peran (role playing) dan siswa diberikan pujian untuk memotivasi peningkatan tersebut. Kesimpulan akhir adalah dengan menerapkan metode bermain peran (role playing) penguasaan kosakata anak tunarungu meningkat. Kata kunci: metode bermain peran (role playing), penguasaan kosakata, anak tunarungu.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 12 Oct 2012 03:57
Last Modified: 29 Jan 2019 16:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6568

Actions (login required)

View Item View Item