Peningkatan Keaktifan Dan Prestasi Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Science Education Quality Improvement Project (SEQIP) pada Siswa Kelas IV CI Hasan Al Rammah SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta

Nurwidodo, Wahyu and Pujiastuti, Pratiwi (2019) Peningkatan Keaktifan Dan Prestasi Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Science Education Quality Improvement Project (SEQIP) pada Siswa Kelas IV CI Hasan Al Rammah SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (991kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) meningkatkan keaktifan belajar dengan menggunakan model pembelajaran SEQIP pada siswa kelas IV CI Hasan Al Rammah SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta, dan (2) meningkatkan prestasi belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran SEQIP pada siswa kelas IV CI Hasan Al Rammah SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan penelitian tindakan kelas (classroom action reseach). Tahap penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada masing-masing siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi dan tes. Teknik analisis data yang dilakukan analisis deskriptif kuantitatif untuk menggambarkan prestasi belajar dan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran IPA. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV CI Hasan Al Rammah SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 28 siswa. Objek penelitian adalah keaktifan dan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tingkat keaktifan belajar siswa pada muatan IPA melalui model pembelajaran SEQIP meningkat. Keaktifan belajar pada pra siklus meningkat dari 3,57% dalam kategori baik, menjadi 14,28 % dalam kategori sangat baik dan baik pada siklus I, kemudian meningkat kembali menjadi 92,86% dalam kategori baik pada siklus II. 2) Prestasi belajar siswa pada muatan IPA melalui model pembelajaran SEQIP mengalamai peningkatan. Pada pra siklus nilai rata- rata yang diperoleh siswa 54,29 dengan ketuntasan 14,81%. Pada siklus I, prestasi belajar meningkat menjadi rata-rata 71,96 dengan ketuntasan 55,56 %. Pada Siklus II, prestasi belajar kembali meningkat dengan rata-rata 79,82 dengan ketuntasan 85,19% . Peningkatan keaktifan belajar siswa terjadi setelah menggunakan model pembelajaran SEQIP dalam pembelajaran, dimana siswa terlibat langsung dalam tahapan pengamatan, membangun hipotesis, melakukan berbagai eksperimen, dan menyimpulkan percobaan yang telah mereka lakukan dalam pembelajaran. Peningkatan prestasi belajar siswa terjadi setelah adanya perbaikan tindakan pada siklus II yaitu guru memberikan kesempatan siswa bertukar kelompok dan memperkecil jumlah anggotanya, memberikan siswa lembar LKS, petunjuk kerja diperjelas serta memberikan kalimat penuntun pada kesimpulan. Tindakan dihentikan pada siklus II karena telah mencapai kreteria keberhasilan. Kata Kunci: keaktifan belajar, prestasi belajar, pembelajaran SEQIP

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Sep 2019 07:45
Last Modified: 09 Oct 2019 01:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65666

Actions (login required)

View Item View Item