Pengembangan Picture Storybook Masa Penjajahan Portugis di Indonesia guna Meningkatkan Pemahaman Konsep Sejarah dan Semangat Kebangsaan Siswa Kelas V Sekolah Dasar.

Rahmawati, Puji (2019) Pengembangan Picture Storybook Masa Penjajahan Portugis di Indonesia guna Meningkatkan Pemahaman Konsep Sejarah dan Semangat Kebangsaan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan picture storybook masa penjajahan Portugis di Indonesia guna meningkatkan pemahaman konsep sejarah dan semangat kebangsaan siswa pada materi ajar IPS, (2) menguji keefektifan media picture storybook Indonesia guna meningkatkan pemahaman konsep sejarah dan semangat kebangsaan siswa pada materi ajar IPS. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang merujuk pada model yang dikembangkan oleh Borg and Gall (2003) yang terdiri atas 10 langkah, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan desain produk, 4) uji coba awal, (5) revisi produk I, (6) uji coba lapangan diperluas, (7) revisi produk II, (8) uji coba operasional, (9) revisi produk akhir, (10) desiminasi dan mplementasi. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas V SD. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, tes, dan angket. Teknis nalisis data menggunakan uji t dan MANOVA dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini berupa picture storybook masa penjajahan Portugis di ndonesia yang layak digunakan berdasarkan hasil validasi ahli dan ujicoba di ekolah. Kelayakan dari aspek media memperoleh skor sebesar 79,3 dengan kategori “sangat layak” dan aspek materi mendapatkan skor sebesar 90 dengan kategori “sangat layak”. Hasil pengisian angket respon media oleh guru dan siswa mendapatkan skor sebesar 87 dengan kategori “sangat baik”untuk respon guru dan 70,06 untuk respon siswa. Picture storybook masa penjajahan Portugis di Indonesia yang dikembangkan tersebut efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep ejarah dan semangat kebangsaan siswa. Hasil uji lapangan operasional menunjukkan taraf signifikansi 0,000<0,05 artinya ada perbedaan signifikan kemampuan pemahaman konsep sejarah dan semangat kebangsaan siswa kelas V ekolah dasar pada pembelajaran IPS antara siswa yang diajar menggunakan picture storybook dan siswa yang tidak diajar dengan menggunakan picture torybook. Kata kunci: picture storybook, pemahaman konsep sejarah, semangat kebangsaan.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Sep 2019 07:14
Last Modified: 08 Oct 2019 01:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65664

Actions (login required)

View Item View Item