Antony, Muhammad Khoirul and Paidi, Paidi (2019) Analisis Kemampuan Technological Paedagogical and Content Knowledge Guru Biologi SMAN se-Kota Magelang Berdasarkan Lama Mengajar Guru dan Tingkat Kefavoritan Sekolah. S2 thesis, Program Pascasarjana.
![]() |
Text
COVER.pdf Restricted to Registered users only Download (611kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (853kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan Technological Paedagogical and Content Knowledge (TPACK) baik secara prinsip maupun penerapannya dalam menyusun RPP dan proses pembelajaran dilihat dari lama mengajar guru dan tingkat kefavoritan sekolah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survai dengan menggunakan metode observasi. Jenis populasi dalam penelitian ini yaitu populasi hipotetiko. Sampel pada penelitian ini menggunakan sampel konvenien. Subjek penelitian berjumlah 14 guru biologi se-Kota Magelang. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa soal pilihan berganda prinsip TPACK dan non tes yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi penerapan TPACK (PCK, TCK, TPK, dan TPACK). Teknik analisis data dengan menggunakan Two-way Analysis of Variance digunakan pada penelitian ini. Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kefavoritan sekolah tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan TPACK (2) Lama mengajar guru tersarang pada tingkat kefavoritan sekolah tidak berpengaruh signifikan terhadap penguasaan tujuh komponen TPACK dan kemampuan penerapan TPACK guru biologi dalam menyusun RPP namun berbeda signifikan terhadap penerapan TPACK dalam proses pembelajaran Kata Kunci: TPACK, RPP, proses pembelajaran, guru utama, guru madya, sekolah favorit, sekolah kurang favorit.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi Pasca Sarjana |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 04 Sep 2019 01:06 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 06:13 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65646 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |