Analisis Kemampuan Technological Paedagogical and Content Knowledge Guru Biologi SMAN se-Kota Magelang Berdasarkan Lama Mengajar Guru dan Tingkat Kefavoritan Sekolah

Antony, Muhammad Khoirul and Paidi, Paidi (2019) Analisis Kemampuan Technological Paedagogical and Content Knowledge Guru Biologi SMAN se-Kota Magelang Berdasarkan Lama Mengajar Guru dan Tingkat Kefavoritan Sekolah. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan Technological Paedagogical and Content Knowledge (TPACK) baik secara prinsip maupun penerapannya dalam menyusun RPP dan proses pembelajaran dilihat dari lama mengajar guru dan tingkat kefavoritan sekolah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survai dengan menggunakan metode observasi. Jenis populasi dalam penelitian ini yaitu populasi hipotetiko. Sampel pada penelitian ini menggunakan sampel konvenien. Subjek penelitian berjumlah 14 guru biologi se-Kota Magelang. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa soal pilihan berganda prinsip TPACK dan non tes yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi penerapan TPACK (PCK, TCK, TPK, dan TPACK). Teknik analisis data dengan menggunakan Two-way Analysis of Variance digunakan pada penelitian ini. Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kefavoritan sekolah tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan TPACK (2) Lama mengajar guru tersarang pada tingkat kefavoritan sekolah tidak berpengaruh signifikan terhadap penguasaan tujuh komponen TPACK dan kemampuan penerapan TPACK guru biologi dalam menyusun RPP namun berbeda signifikan terhadap penerapan TPACK dalam proses pembelajaran Kata Kunci: TPACK, RPP, proses pembelajaran, guru utama, guru madya, sekolah favorit, sekolah kurang favorit.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Sep 2019 01:06
Last Modified: 23 Feb 2023 06:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65646

Actions (login required)

View Item View Item