Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru pada sistem ekskresi manusia

Baptist, Kijambu John and Subali, Bambang (2019) Keefektifan dua model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru pada sistem ekskresi manusia. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; (1) menentukan keefektifan model PBP pola terbimbing dan model PBP dengan pola tidak terbimbing dalam meningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, konsep baru pada sistem ekskresi manusia dan (2) mengidentifikasi model PBP yang lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, konsep baru pada sistem ekskresi manusia. Jenis penelitian ini merupakan quasi experiment yang menggunakan non-equivalent kontrol group design dengan memberikan pre-test dan post-test kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada penelitian ini terdapat populasi target yang terdiri dari 6 kelas XI IPA di SMA N3, kota Yogyakarta. Adapun populasi penelitian yang merupakan kelas XI IPA dari sekolah lain yang memiliki karakteristik yang sama dengan populasi target selama tahun ajaran 2018/2019. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPA 2 (Kelas eksperimen) dan kelas XI IPA 4 (Kelas kontrol) yang terpilih dengan menggunakan teknik Cluster sampling. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah soal esai untuk penilaian kemampuan memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran berbasis proyek dengan pola terbimbing, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran berbasis proyek dengan pola tidak terbimbing. Data penelitian yang diperoleh dari soal pre-test dan post-test dianalisis dengan menggunakan SPSS software versi 23 untuk menguji hipotesis dengan uji-t independen. Hasil peneilitian ini menunjukkan bahwa, uji-t independen data post-test kemampuan memperoleh pengetahuan prosedur, fakta dan konsep baru menghasilkan nilai probabilitas sig (1-tailed) yang sama yaitu 0,000 untuk kemampuan pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru. Nilai mean difference yang diperoleh adalah pengetahuan prosedur baru (5.683), pengetahuan fakta baru (1,872), dan pengetahuan konsep baru (3.812). Kesimpulan dari hasil tersebut adalah (1) baik model PBP dengan pola terbimbing maupun model PBP dengan pola tdak terbimbing merupakan model efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru pada sistem ekskresi manusia dan (2) model pembelajaran berbasis PBP dengan pola terbimbing merupakan model pembelajaran yang lebih efektif dibangingkan dengan model PBP dengan pola tidak terbimbing dalam meningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru pada sistem ekskresi manusia. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan kepada guru untuk dianjurkan menggunakan model PBP dengan pola terbimbing selama proses pembelajaran Biologi sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa memperoleh pengetahuan baru. Kata kunci: Pembelajaran berbasis proyek terbimbing, Pembelajaran berbasis proyek tidak terbimbing, Pengetahuan prosedur, fakta, dan konsep baru.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Sep 2019 00:42
Last Modified: 27 Feb 2023 04:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65644

Actions (login required)

View Item View Item