PE N GARUH PE N GG UNAAN ME DIA FIL M ANIMASI “ MARI KI T A GOS OK GIGI” TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOGNITIF MENJAGA KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLB NEGERI 2 YOGYAKARTA

Mahya , Rahul (2012) PE N GARUH PE N GG UNAAN ME DIA FIL M ANIMASI “ MARI KI T A GOS OK GIGI” TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOGNITIF MENJAGA KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLB NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, FIP uny.

[img]
Preview
Text
6. abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media film anim asi “mari kit a go sok gi gi” terh adap p re stasi belajar kogntif menjaga kebersihan gigi dan mulut siswa tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB Negeri 2 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment, dengan subjek penelitian siswa kelas dasar III, yang berjumlah 1 siswa. Desain yang digunakan adalah one group pre-test post-test. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Uji hipotesis menggunakan statistik nonparametrik yaitu uji peringkat bertanda Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media film anim asi “mari kit a gosok gi gi” berpengaruh positif dalam meningkatkan prestasi belajar kognitif menjaga kebersihan gigi dan mulut siswa tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB Negeri 2 Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan prestasi belajar kognitif menjaga kebersihan gigi dan mulut. Sebelum perlakuan (pre-test) prestasi belajar subjek mencapai taraf 50%, sedangkan setelah perlakuan (post-test) mencapai taraf 85%. Setelah perlakuan subjek mampu menyebutkan dengan benar frekuensi dan waktu menggosok gigi, kebiasaan baik dan buruk terkait perawatan gigi dan mulut serta kegunaan menggosok gigi. Hasil perhitungan menggunakan uji peringkat bert anda W il cox on, dengan a = 0 ,05 diperoleh bahwa T sama dengan T hitungtabel yaitu 0, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Ini berarti media film anim asi “mari kit a gos ok gi gi” berp en garuh p osit if terhadap prestasi belajar kognitif menjaga kebersihan gigi dan mulut siswa tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB Negeri 2 Yogyakarta. Kata kunci: media film animasi, prestasi belajar kognitif menjaga kebersihan gigi dan mulut, anak tunagrahita ringan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 12 Oct 2012 03:57
Last Modified: 29 Jan 2019 16:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6562

Actions (login required)

View Item View Item