Implikatur Percakapan dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Negeri 4 Yogyakarta

Pudyastuti, Larissa Amadea and Zamzani, Zamzani (2019) Implikatur Percakapan dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Negeri 4 Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) jenis implikatur percakapan dalam tuturan guru, (2) fungsi implikatur percakapan dalam tuturan guru, dan (3) alasan penggunaan implikatur percakapan dalam tuturan guru pada proses pembelajaran bahasa Indonesia di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan guru dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Data dalam penelitian ini adalah implikatur percakapan dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia disertai konteks. Data dikumpulkan dengan teknik simak, observasi, wawancara, dan dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif serta teknik padan pragmatik. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai human instrument. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Jenis implikatur percakapan yang digunakan oleh guru adalah implikatur percakapan umum dan implikatur percakapan khusus, yang digunakan pada awal pembelajaran, inti, dan penutup. (2) Implikatur percakapan dalam tuturan guru memiliki fungsi asertif, fungsi ekspresif, fungsi direktif, dan fungsi komisif. (3) Alasan guru menggunakan implikatur percakapan dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah untuk melatih kepekaan, memperhalus ucapan supaya siswa tidak tersinggung, menyindir, menegur agar siswa memperbaiki penggunaan bahasa, melatih kedisiplinan, memerintah dengan cara yang halus, mengefektifkan kondisi siswa untuk mengikuti pelajaran, memusatkan perhatian siswa, melatih konsentrasi siswa, dan memberi tahu siswa agar menganggap semua materi pelajaran itu penting. Kata Kunci: implikatur, pembelajaran, percakapan

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 29 Aug 2019 04:39
Last Modified: 30 Sep 2019 05:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65551

Actions (login required)

View Item View Item