Fitri, Fitri and Syamsudin, Amir (2019) Pengembangan Model Permainan Lintasan Berhitung untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun. S2 thesis, UNY.
|
Text
COVER.pdf Download (736kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (462kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN 1.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui model permainan seperti apa yang dapat mempercepat capaian perkembangan kemampuan berhitung anak, (2) mengetahui proses stimulasi perkembangan kemampuan berhitung anak dengan menggunakan model permainan lintasan berhitung, (3) mengetahui dampak model permainan lintasan berhitung terhadap kemampuan berhitung anak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang mengacu pada model penelitian pengembangan oleh Dick and Carey. Penelitian pengembangan ini memiliki 10 langkah yaitu: (1) Identify instructional goal, (2) Conduct instructional analysis, (3) Analyze learners and contexts, (4)Write performance objectives, (5) Develop assassment instruments, (6) Develop instructional strategy, (7) Develop and select instructional materials, (8) formative evaluation, (9) Revisi instruction, (10) summative evaluation. Penelitian ini dilakukan di 3 TK yaitu : TK Pertiwi 1 Bendan, TK Islam Terpadu Arofah 5 dan TK Aisyiyah Ngadirejo III, dengan jumlah keseluruhan subjek yaitu 44 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, angket dan lembar observasi. Teknik analisis data uji efektivitas yang digunakan adalah Paired Sample Test dengan taraf signifikan 0,05 Hasil penelitian berupa model permainan lintasan berhitung untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak. Model permainan lintasan berhitung yang awalnya memiliki delapan lintasan yang mencakup lima konsep matematika, setelah dilakukan uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan, produk akhir model permainan lintasan berhitung memiliki kegiatan inti yang terdiri dari empat lintasan yang mencakup tiga indikator kemampuan berhitung anak. Terdapat perbedaan nilai hasil akhir antara pretest dan posttest setelah diberi perlakuan permainan lintasan berhitung dengan p < 0,05 yaitu nilai signifikansi sebesar 0,000. Hal tersebut menunjukan bahwa model permainan lintasan berhitung dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak. Kata kunci : permainan berhitung, lintasan berhitung, anak usia 5-6 tahun
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Pasca Sarjana |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 29 Aug 2019 04:20 |
Last Modified: | 26 Sep 2019 02:05 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65549 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |