PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL MELALUI METODE BERMAIN TEAMWORK PADASISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 DEPOK YOGYAKARTA

Erni Setyani, Erni Setyani (2012) PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL MELALUI METODE BERMAIN TEAMWORK PADASISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 DEPOK YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (67kB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL MELALUI METODE BERMAIN TEAMWORK PADASISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 DEPOK YOGYAKARTA Oleh: Erni Setyani 08104244002 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Depok melalui metode bermain teamwork. Metode bermain teamwork diharapkan dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa yang meliputi aspek kemampuan mengenali dan mengelola emosi diri, kemampuan memotivasi diri, kemampuan mengenali emosi orang lain dan kemampuan menjalin hubungan baik dengan orang lain. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala kecerdasan emosional, observasi dan wawancara, sedangkan instrumen yang digunakan adalah skala kecerdasan emosional, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Reliabilitas skala kecerdasan emosional sebesar 0,938 artinya memiliki reliabilitas yang tinggi. Penelitian ini terdiri atas satu siklus. Siklus tersebut terdiri atas tiga tindakan. Jenis permainan yang digunakan adalah bermain blind dragon, menara, giring bola dan see our feet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kecerdasan emosional dapat ditingkatkan melalui metode bermain teamwork yang terdiri atas bermain blind dragon, menara, giring bola dan see our feet. Hal ini dapat dilihat dari hasil perbandingan antara hasil pre-test dengan hasil post-test yang mengalami peningkatan sesuai dengan target. Rata-rata hasil pre-test adalah 67,73 setelah dilakukan tindakan rata-rata hasil post-test menjadi 110,06. Selain itu siswa yang mendapat skor kategori tinggi sebesar 83,33% atau 25 siswa dari 30 siswa. (2) Setiap tindakan dalam penelitian ini diawali dengan ice breaking dan guru BK menciptakan suasana komunikasi secara terbuka, saling menghargai dan saling menerima. Tindakan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah bermain blind dragon, menara, giring bola dan see our feet. Kata kunci : kecerdasan emosional, bermain teamwork, remaja siswa SMP.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 12 Oct 2012 03:56
Last Modified: 29 Jan 2019 16:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6554

Actions (login required)

View Item View Item