Pengembangan Buku Siswa Audio Taktual (BSAT) Matematika SMP/sederajat untuk Siswa Tunanetra

Subagya, Subagya and Sunardi, Sunardi (2019) Pengembangan Buku Siswa Audio Taktual (BSAT) Matematika SMP/sederajat untuk Siswa Tunanetra. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk: 1) Menganalis kebutuhan buku dalam pembelajaran mata pelajaran matematika untuk siswa SMP/sedejat kelas VII siswa tunanetra; 2) Menghasilkan produk BSAT matematika yang layak digunakan untuk siswa tunanetra SMP kelas VII; 3) Mengetahui efektivitas buku matematika audiotaktual ditinjau dari aspek kemandirian belajar, motivasi belajar, user friendly, kecepatan belajar dan pemahaman dibandingkan dengan buku matematika Braille dan buku matametika audio. Penelitian menggunakan pendekatan R&D dari model Borg dan Gall. Tahapan penelitian terdiri 1) Penelitian dan pengumpulan; 2) Perencanaan; c) Mengembangkan produk awal/draft produk; d) Ujicoba lapangan awal; e) Merevisi produk utama; f) Uji coba lapangan utama; g) Penyempurnaan produk operasional; h) Ujicoba lapangan operasional; I) Penyempurnaan produk akhir; j) Diseminasi dan implementasi. Subjek ujicoba produk awal berjumlah enam siswa tunanetra dari satu sekolah, ujicoba produk utama berjumlah dari 20 siswa tunanetra dari tiga sekolah dan subjek pada uji coba lapangan operasional terdiri dari 57 siswa tunanetra dari sembilan sekolah yaitu yaitu SMPLB-A YAAT Klaten, SMPLB-A YKAB Surakarta, SMPLB-A YPAB Surabaya, M.Ts Yaketunis Yogyakarta, SMPLB Negeri Kota Bandung, SMPLB Citueruep, Cimahi, SMPLB Bina Insani Bandar Lampung dan SMPLB PRPCN Palembang, SMPLBN Pemalang. Desain uji coba produk awal menggunakan one to one, desain uji coba lapangan utama dan uji coba lapangan operasional menggunakan quasi experiment with posttest-only design. Analisis data pada uji coba produk awal menggunakan analisis deskriptif-kualitatif. Analisis data uji coba lapangan utama dan lapangan operasional menggunakan mix method yaitu analisis campuran yang diawali dengan analisis data kualitatif, kemudian diikuti dengan analisis data kuantitatif. Analisis data kuantitatif menggunakan MANOVA satu jalur untuk menguji efektivtas BSAT. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Pembelajaran matematika SMP kelas VII pada siswa tunanetra menggunakan buku cetak yang dibacakan. 2) Bahan ajar yang dihasilkan adalah buku siswa audiotaktual matematika (BSAT) kelas VII; 3) Pemanfaatan buku siswa matematika audio taktual/Braille (BSAT) secara signifikan efektif dapat meningkatkan kemandirian belajar, motivasi belajar, user friendly, kecepatan belajar dan pemahaman dalam belajar matematika siswa tunanetra kelas VII SMP/sederajat. Hal ini terbukti bahwa BSAT dapat meningkatkan secara signifikan terhadap kemandirian belajar, motivasi belajar, user friendly, kecepatan belajar dan pemahaman matematika siswa tunanetra kelas VII SMP/SMPLB/M.Ts/M.Ts LB jika dibanding dengan buku matematika Braille dan buku matematika yang disajikan dalam bentuk audio saja. Hal ini ditunjukkan secara bersama terdapat berbedaan (Pillai's Trace: 0.00; Wilks' Lambda:0,00), Hotelling's Trace:0,00; Roy's Largest dan Root :0,000) atau memiliki taraf signifikansi kurang dari 0.5 antara penggunaan buku Braille, Buku Audio dan BSAT Matematika terhadap kemandirian, motivasi, user friendly, kecepatan dan pemahaman belajar siswa tunanetra kelas VII. Keywords: tunanetra, BSAT, kemandirian, motivasi,user friendly, kecepatan, pemahaman.

Item Type: Thesis (S3)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Aug 2019 07:23
Last Modified: 02 Oct 2019 07:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65537

Actions (login required)

View Item View Item