Pengaruh Gaya Mengajar dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan Dribbling Siswa Peserta Ekstrakurikuler Sepak bola SMP Negeri Se-Kota Pekalongan (Studi Eksperimen dengan Gaya Mengajar Discovery dan Resiprokal pada Siswa Peserta Ekstrakurikuler Sepak bola SMP Negeri Se-Kota Pekalongan)

Kurniawan, Hendra and Sugiyanto, Fx (2019) Pengaruh Gaya Mengajar dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan Dribbling Siswa Peserta Ekstrakurikuler Sepak bola SMP Negeri Se-Kota Pekalongan (Studi Eksperimen dengan Gaya Mengajar Discovery dan Resiprokal pada Siswa Peserta Ekstrakurikuler Sepak bola SMP Negeri Se-Kota Pekalongan). S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh antara gaya mengajar resiprokal dan discovery terhadap peningkatan kemampuan dribbling sepak bola anak didik peserta ekstrakurikuler SMP Negeri Se-Kota Pekalongan. (2) Perbedaan peningkatan kemampuan dribbling sepak bola anak didik peserta ekstrakurikuler SMP Negeri Se-Kota Pekalongan antara yang memiliki tingkat kecerdasan emosional tinggi dan rendah (3) Interaksi antara gaya mengajar dan tingkat kecerdasan emosional terhadap peningkatan kemampuan dribbling sepak bola. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan desain faktorial 2 X 2. Dalam penelitian ini terdapat 3 variabel, yaitu: (1) variabel bebas aktif/independen yaitu gaya mengajar (resiprokal dan discovery), (2) variable atributif yaitu kecerdasan emosional tinggi dan rendah, (3) variable terikat yaitu kemampuan dribbling. Penelitian ini telah dilaksanakan di SMP Negeri Kota Pekalongan selama dua bulan mulai Maret sampai dengan April 2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak didik peserta ekstrakurikuler sepak bola di seluruh SMP Negeri Pekalongan dan sampel sebanyak 75 anak sesuai dengan jumlah anak didik yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepak bola. Analisis kualitas intrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan ANAVA-dua jalur yang diawali dengan uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Untuk mengetahui interaksi menggunakan uji Tukey. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh beberapa kesimpulan; (1) Tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara gaya mengajar resiprokal dan discovery terhadap peningkatan kemampuan dribbling (2) Ada pengaruh yang signifikan (bermakna) antara kecerdasan emosi tinggi dan kecerdasan emosi rendah terhadap peningkatan kemampuan dribbling. dan (3) Ada interaksi antara gaya mengajar (resiprokal dan discovery) dan kecerdasan emosi terhadap peningkatan kemampuan dribbling anak didik peserta ekstrakurikuler sepak bola SMP Negeri Se-Kota Pekalongan. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada pelatih, untuk menggunakan Gaya mengajar resiprokal dalam meningkatkan kemampuan dribbling anak didik dengan kecerdasan emosi tinggi serta menggunakan gaya mengajar discovery untuk meningkatkan kemampuan dribbling anak didik dengan kecerdasan emosi rendah. Dari kedua gaya tersebut, gaya mengajar resiprokal lebih baik dengan selisih rata-rata peningkatan 6,02 dibandingkan gaya discovery. Kata Kunci : gaya mengajar, kecerdasan emosi, kemampuan dribbling

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Olahraga
Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Aug 2019 04:34
Last Modified: 24 Sep 2019 02:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65534

Actions (login required)

View Item View Item