Puspitaningrum, Trifosa Dyah and Purwanta, Edi (2019) Efektivitas Teknik Modeling Terhadap Perencanaan Karir Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri Pilangkenceng, Madiun, Tahun Ajaran 2018/2019. S2 thesis, Program Pascasarjana.
![]() |
Text
Cover.pdf Restricted to Registered users only Download (597kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (531kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (61kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena peneliti masih meragukan keefektifan teknik modeling terhadap perencanaan karir peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik modeling terhadap perencanaan karir peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental design dengan model nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas XII SMA Negeri Pilangkenceng dengan sampel kelas XII IPA 2 dan kelas XII IPS 3 sebagai kelas kontrol, XII IPA 1 dan XII IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Sampel ditentukan dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan skala perencanaan karir. Uji persyaratan menggunakan uji normalitas untuk memperlihatkan sampel diambil dari populasi berdistribusi normal dan uji homogenitas untuk menguji model regresi terjadi ketidaksamaan varians dari residual satu pengamatan ke pengamatan lain. Uji hipotesis menggunakan analisis of varians (ANOVA) dua arah untuk menguji banyak kelompok sampel yang melibatkan klasifikasi ganda dan uji Tukey HSD untuk membandingkan seluruh pasangan rata-rata perlakuan setelah uji analisis ragam dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik modeling efektif terhadap perencanaan karir peserta didik. Pada kelas XII IPA 1 (kelompok eksperimen 1) dan kelas XII IPA 2 (kelompok kontrol 1) berdasarkan uji analisis of varians (ANOVA) diperoleh nilai F= 33,362 dengan p=0,000 (p=0,000<p=0,05). Kemudian berdasarkan uji lanjut Tukey HSD dengan nilai Tukey HSD 6,439 diperoleh mean difference 24,243>6,439 (pre-test dan post-test kelompok eksperimen 1) dan mean difference 8,757>6,439 (post-test kelompok eksperimen 1 dan post-test kelompok kontrol 1). Sedangkan pada kelas XII IPS 2 (kelompok eksperimen 2) dan kelas XII IPS 3 (kelompok kontrol 2) berdasarkan uji analisis of varians (ANOVA) diperoleh nilai F= 14,468 dengan p=0,000 (p=0,000<p=0,05). Kemudian berdasarkan uji lanjut Tukey HSD dengan nilai Tukey HSD 7,098 diperoleh mean difference 15,536>7,098 (pre-test dan post-test kelompok eksperimen 2) dan mean difference 7,929>7,098 (post-test kelompok eksperimen 2 dan post-test kelompok kontrol 2). Karena sig. ≤ 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: teknik modeling, perencanaan karir
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Pasca Sarjana |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 27 Aug 2019 03:28 |
Last Modified: | 16 Dec 2021 03:33 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65531 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |