IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMK MUHAMMADIYAH 1 MERTOYUDAN

Prasetyo, Yongki Agus (2019) IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMK MUHAMMADIYAH 1 MERTOYUDAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab II.pdf

Download (708kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab III.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab IV.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab V.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui implementasi penguatan pendidikan karakter (PPK) di SMK Muhammadiyah 1 Mertoyudan. Indikator dalam penelitian ini meliputi Perencanaan program PPK, Pelaksanaan program PPK, dan Evaluasi program PPK di SMK Muhammadiyah 1 Mertoyudan. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan metode deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan 91 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data untuk data angket tertutup menggunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif, untuk data wawancara dan angket terbuka menggunakan analisis interaktif. Untuk uji validitas instrumen menggunakan metode penilaian ahli (Judgment Expert). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi penguatan pendidikan karakter di SMK Muhammadiyah 1 Mertoyudan dalam kategori yang baik dengan tingkat ketercapaiannya sebesar 76,26%. Hasil tersebut meliputi dari beberapa indikator yaitu perencanaan PPK sebesar 79,97%, pelaksanaan PPK sebesar 77,41%, dan evaluasi PPK sebesar 71,59%. Dalam proses perencanaan program PPK melibatkan seluruh perangkat sekolah. Untuk pelaksanaan PPK melalui proses pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, serta keteladanan perangkat sekolah, tingkat ketercapaian nilai utama dalam PPK pada peserta didik sebesar 76,54% dalam kategori baik. Proses evaluasi PPK seluruh perangkat sekolah ikut terlibat dan tindak lanjutnya memperbaiki beberapa komponen yang masih kurang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi PPK
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 Aug 2019 03:08
Last Modified: 23 Aug 2019 03:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65480

Actions (login required)

View Item View Item