IDENTIFIKASI PENYEBAB KECELAKAAN LALU LINTAS PENGGUNA SEPEDA MOTOR PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF ANGKATAN 2015 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Sugito, Yosi (2019) IDENTIFIKASI PENYEBAB KECELAKAAN LALU LINTAS PENGGUNA SEPEDA MOTOR PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF ANGKATAN 2015 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (745kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab 1.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab 2.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab 3.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab 4.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab 5.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (693kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai faktor penyebab kecelekaan pada pengendara sepeda motor mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sumber data penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Otomotif dan Teknik Otomotif angakatan 2015 Universitas Negeri Yogyakarta. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tertutup dengan validitas konstruk dengan dibantu ahli (expert judgement). Data yang terkumpul dianalisis dengan diskriptif prosentase data, dilanjutkan penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengalaman Kecelelakaan pada Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta selama berkuliah adalah masuk kategori tinggi. Sebesar 63% mahasiswa pernah mengalami kecelakaan dan telah memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM). Semester 4 adalah semester paling mendominasi terjadinya kecelakaan dibanding semester lain direntang semester 1 sampai semester 7. Dari luka yang dialami semua mengalami luka kategori luka ringan yang hanya memerlukan perawatan di rumah. Dalam konteks kecelakaan yang melibatkan orang lain maka pendidikan karakter tidak cukup menjadi fokus satu individu. Karakter satu pengendara yang baik, masih akan cenderung memiliki resiko yang besar. Hasil penelelitian menunjukkan penyebab tertinggi kecelakaan adalah faktor manusia yaitu sebesar 52%, faktor lingkungan fisik 35%, dan faktor kendaraan sebesar 13%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa Fakultas teknik UNY, Faktor Kecelakaan, Prosentase
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 22 Aug 2019 08:45
Last Modified: 22 Aug 2019 08:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65478

Actions (login required)

View Item View Item