Peningkatan Kemandirian Belajar melalui BimbinganKlasikal pada Siswa Kelas VIII C di SMP Muhamadiyah 2 Mlati Yogyakarta

Tanjung, Yoppry and Astuti, Budi (2019) Peningkatan Kemandirian Belajar melalui BimbinganKlasikal pada Siswa Kelas VIII C di SMP Muhamadiyah 2 Mlati Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Kemandirian belajar siswa yang rendah, khususnya kelas VIII C di SMP Muhamadiyah 2 Mlati Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa melalui layanan bimbingan klasikal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilaksanakan dua siklus dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII C di SMP Muhamadiyah 2 Mlati Yogyakarta yang berjumlah 27 orang siswa. Jenis tindakan yang dilakukan adalah layanan bimbingan klasikal dengan menggunakan 2 siklus dimana 1 siklus terdiri dari tiga tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala, observasi dan wawancara. Instrumen pada penelitian ini adalah skala kemandirian belajar, observasi dan pedoman wawancara. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah 70% dari subjek yang memiliki kemandirian belajar tinggi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa layanan bimbingan klasikal dapat meningkatkan kemandirian belajar pada siswa kelas VIII C SMP Muhamadiyah 2 Mlati Yogyakarta. Tindakan yang dilakuakan yaitu menerapkan berbagai metode yang terdapat dalam proses pembelajaran seperti: metode ceramah, modeling, diskusi kelompok, demonstrasi, dan Iproblem solving. Pra tindaakan yang dilakukan dengan menyebarkan skala menghasilkan data kemandirian dalam belajar siswa yang masih tergolong rendah. Pada siklus pertama yang terdiri dari tiga pertemuan 29,62% siswa yang memiliki kemandirian belajar dalam kategori tinggi. Pada siklus kedua yang terdiri tiga pertemuan meningkat menjadi 77,77% siswa sudah memiliki kemandirian dalam belajar dalam kategori tinggi dan sudah mencapai target. Hasil penelitian ini juga diperkuat dengan observasi dan wawancara terhadap subjek yang menunjukan adanya kemandirian belajar yang meningkat dari pra tindakan. Kata Kunci: Kemandirian belajar, layanan bimbingan klasikal, Penelitian tindakan.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Pendidikan > Konseling
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Aug 2019 03:07
Last Modified: 16 Dec 2021 08:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65459

Actions (login required)

View Item View Item