Pembiasaan dalam Pembentukan Perilaku Bermuatan Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia 5 - 6 Tahun di RA Afkaaruna

Setianingsih, Hesti Putri and Rohman, Arif (2019) Pembiasaan dalam Pembentukan Perilaku Bermuatan Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia 5 - 6 Tahun di RA Afkaaruna. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (930kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3) faktor pendukung dan penghambat pembiasaan dalam pembentukan perilaku bermuatan nilai agama dan moral pada anak usia 5-6 tahun di RA Afkaaruna. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, orangtua dan anak usia 5-6 tahun. Sumber data penelitian ini ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data hasil penelitian diuji keabsahannya menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data melalui menelaah data, memeriksa seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber, merangkum dan memfokuskan pada tema-tema permasalahan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut (1) Perencanaan pembelajaran disusun dengan berpedoman pada ta’allama, tafaqqoha, dan tashowwaha yang dirancang oleh tim kelompok kerja kurikulum yang terdiri dari unsur guru, orangtua, dan masyarakat dengan konsultan pakar yang meliputi program semester sedangkan program perencanaan pembelajaran mingguan (RPPM) dan lessson plan disusun oleh guru. (2) Pelaksanaan pembiasaan diintegrasikan dengan pembelajaran sehari-hari melalui pendekatan active learning dan metode pembelajaran termasuk metode teladan, pembiasaan, perhatian dan pengawasan, hadiah, nasehat, dan cerita. Strategi dalam pengembangan melalui kegiatan rutin, kegiatan terintegrasi, kegiatan khusus, dan spontan. Kegiatan rutin terdiri dari upacara bendera, shalat dhuha, dirosah islamiyah, shalat dhuhur berjama’ah, wudlu, environment day, saving day, dolanan anak, dan infaq. Kegiatan terintegrasi melalui kegiatan IPC. Kegiatan spontan meliputi mendoakan teman atau kerabat yang sedang sakit dan pemberian reward. Kegiatan khusus meliputi manasik haji dan maulid nabi. (3) Faktor pendukung terdapat pada faktor sarana prasarana yang memadai, rencana pembelajaran yang sesuai dengan program pembelajaran, kesiapan guru, keterlibatan orangtua dalam mengikuti program sekolah sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya komunikasi antara guru dengan orangtua dan kurang keterlibatan orangtua di sekolah, kebiasaan dirumah yang berbeda, belum adanya kesiapan guru dalam memberikan keteladanan, mood anak yang jelek dan lingkungan sekitar yang tidak mendukung. Kata Kunci : anak usia 5-6 tahun, nilai agama dan moral, pembentukan perilaku, pembiasaan

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Aug 2019 03:45
Last Modified: 26 Sep 2019 07:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65457

Actions (login required)

View Item View Item